Partisipasi KBRI Yangon sebagai Observer pada Pemilu Sela 3 November

Komisi Pemilihan Umum Myanmar mengundang perwakilan asing untuk menjadi pengamat pada Pemilu Sela Myanmar yang dilaksanakan pada tanggal 3 November 2018. Myanmar menyelenggarakan Pemilu Sela untuk mengisi 13 kursi parlemen yaitu satu kursi di Amyotha Hluttaw/upper house, empat kursi di Pyithu Hluttaw/lower house dan delapan kursi di Region/State Hluttaw. Pemilu dilaksanakan di 9 wilayah dengan 69 kandidat dari 24 partai politik. Sembilan wilayah tersebut adalah sebagai berikut Yangon Region, Mandalay Region, Shan State, Chin State, Kachin State, Sagaing Region, Bago Region, Magway Region dan Rakhine State. KBRI Yangon menjadi pengamat di 3 wilayah yaitu Yangon Region, Mandalay Region dan Magway Region.

Hasil keseluruhan dari Pemilu Sela 2018 telah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum Myanmar pada 4 November 2018. Kursi Amyotha Hluttaw dimenangkan oleh U Hsi Hu Dwe dari Union Solidarity and Development Party (USDP) untuk Kachin State. Kursi Pyithu Hluttaw dimenangkan oleh: 1) U Toe Win (National League for Democracy/NLD) untuk Yangon Region; 2) U Sein Myint (NLD) untuk Mandalay Region; 3) Sai Okka (Shan Nationalities League for Democracy/SNLD) untuk Shan State; dan 4) U Nyunt Win (NLD) untuk Chin State.

Sementara itu, Kursi Region/State Hluttaw dimenangkan oleh 1) U Aung Hlyan (Chin League for Democracy) untuk Chin State; 2) U Ro Htan Pwe Yar (USDP) untuk Sagaing Region; 3) U Kyaw Zeywa (NLD) untuk Bago Region; 4) U Kyaw Ngwe (NLD) untuk Magway Region; 5) U Soe Lwin (NLD) untuk wilayah Thabeikkyin, Mandalay Region; 6) U Sai Pan Hsai alias U Sai Tun Sein alias U Kyaw Sein (NLD)​ untuk wilayah Shan Nationality, Mandalay Region;7) U Tin Maung Win (Independent) untuk Rakhine State; dan 8) U Nay Myo Aung (USDP) untuk Yangon Region.

Kehadiran KBRI Yangon sebagai pengamat internasional adalah dalam rangka memberikan kontribusi pada terwujudnya iklim demokratis yang menjadi prasyarat pemilu yang bebas, jujur dan adil di Myanmar [KBRI Yangon].