Kapolri Lakukan Pertemuan Bilateral dengan Pejabat Tinggi Myanmar di Sela-sela Pertemuan ke-12 AMMTC

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian melakukan Pertemuan Bilateral dengan Menteri Dalam Negeri Myanmar, Lt. Gen. Kyaw Swe dan Union Minister for the Office of the Union Government of the Republic of the Union Myanmar, U Thaung Tun, di sela-sela Pertemuan ke-12 ASEAN Ministerial Meeting on Transnational Crime (AMMTC) pada tanggal 31 Oktober dan 1 November 2018 di Nay Pyi Taw, Myanmar. Pertemuan membahas beberapa isu antara lain capacity building, penanganan terorisme, dan Rakhine State.

Kapolri menyampaikan kesiapannya untuk memberikan pelatihan kepada aparat Kepolisian Myanmar melalui program Jakarta Centre for Law Enforcement Cooperation (JCLEC) dan Pendidikan Sekolah Staf dan Pimpinan Menengah (Sespimmen) Polri. Kerja sama dalam bidang capacity building menjadi salah satu ujung tombak dalam penanggulangan kejahatan transnasional di antara kedua negara dan memperkuat kemampuan Kepolisian Myanmar dalam mengatasi permasalahan keamanan dalam negeri, khususnya penanganan situasi di​ Rakhine State.

Sementara itu terkait pembahasan terorisme, Lt. Gen. Kyaw Swe dan U Thaung Tun secara terpisah menyampaikan keinginan Myanmar untuk belajar mengenai penanganan terorisme kepada Indonesia yang dianggap mempunyai pengalaman banyak.  Kapolri menjelaskan mengenai 4 (empat) elemen penting yang harus dimiliki kepolisian dalam penanganan terorisme, yaitu: 1) kemampuan mendeteksi kelompok/jaringan terorisme; 2) kemampuan dalam scientific crime investigation; 3) penguatan pada pasukan; dan 4) legislasi yang kuat.

Pada kesempatan tersebut, Kapolri juga menyampaikan komitmen Indonesia untuk membantu Myanmar dalam penyelesaian permasalahan di Rakhine State melalui pendekatan yang konstruktif.

Kedua negara sepakat akan pentingnya penguatan kerja sama bilateral antara Kepolisian Indonesia dan Myanmar. Hubungan yang erat antara Kepolisian Indonesia dan Myanmar akan memberikan kontribusi konstruktif baik pada tingkat nasional maupun internasional [KBRI Yangon].​