Laos Berikan Bantuan Gempa dan Tsunami di Palu dan Donggala

Pada tanggal 8 Oktober 2018 bertempat di gedung Kemlu Laos, Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Laos, Khampao Erntahavanh, secara simbolik telah menyerahkan bantuan sebesar US$ 100.000 dari Pemerintah Laos untuk pemulihan bagi korban gempa bumi dan  tsunami di Provinsi Sulawesi Tengah kepada Dubes RI Vientiane, Pratito Soeharyo.

Wamenlu Laos menyampaikan simpati mendalam dan belasungkawa dari Pemerintah dan seluruh masyarakat Laos atas terjadinya bencana alam tersebut.  Bantuan ini merupakan wujudnyata dari kedekatan hubungan, persahabatan dan solidaritas dari Laos kepada Indonesia.

“Pemerintah Laos telah mengikuti secara seksama perkembangan situasi bencana alam di Indonesia yang terjadi dalam beberapa waktu belakangan dan mempercayai bahwa Indonesia akan dapat segera mengatasi kondisi sulit ini sehingga kembali normal”  ungkap Khampao Ernthavanh.

Dubes RI, dalam sambutannya, menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas simpati,  bantuan dan dukungan tulus Pemerintah dan masyarakat Laos tersebut. “bantuan kepada  Indonesia yang diberikan Laos merupakan bukti nyata eratnya hubungan kedua negara”  ujar Dubes Pratito.

Lebih lanjut, disampaikan olehnya, KBRI Vientiane  akan segera melakukan koordinasi dengan Kementerian/Lembaga terkait sehingga bantuan Pemerintah Laos dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Sebelumnya, Pemerintah Laos tercatat telah 2 kali  memberikan bantuan atas terjadinya bencana alam di Indonesia, yaitu pada tahun 2005 sebesar US$ 25.000 untuk bencana  tsunami di Aceh dan pada tahun 2010 sebesar US$ 100.000 terkait penanganan bencana alam yang terjadi di Wasior (Papua Barat), Kep. Mentawai (Sumatera Barat)dan Gunung Merapi di Jawa Tengah.