Duta Besar RI terima Penghargaan Cross of Friendship dari Pemerintah Laos

​Duta Besar RI untuk Republik Demokratik Rakyat Laos, Y.M. Irmawan Emir Wisnandar, menerima penghargaan Cross of Friendship dari Menteri Luar Negeri Laos, Y.M. Saleumxay Kommasith, dalam upacara yang dilakukan di kantor Kementerian Luar Negeri Laos, 24 November 2017, atas jasanya meningkatkan dan mempererat hubungan kedua negara.

Upacara tersebut sekaligus merupakan perpisahan resmi dari Kemlu Laos terhadap Duta Besar Irmawan Emir Wisnandar yang akan menyelesaikan tugasnya pada awal Desember 2017 mendatang. Upacara disaksikan oleh sejumlah pejabat pemerintah setempat dan staf KBRI Vientiane.

Menlu Laos dalam sambutannya menyampaikan bahwa selama bertugas di Laos tercatat keberhasilan peningkatan hubungan kedua negara dalam berbagai bidang, antara lain:

a) meningkatnya saling kunjung pejabat tinggi kedua negara, termasuk kunjungan Presiden RI Joko Widodo dalam rangka ASEAN Summit tahun 2016 dan kunjungan Perdana Menteri Laos, Y.M. Thongloun Sisoulith bulan Oktober 2017;

b) meningkatnya nilai perdagangan kedua negara dan kesepakatan di bidang ekonomi;, termasuk rencana investasi Indonesia di Laos,

c) penyelenggaraan sejumlah kegiatan dalam upaya peningkatan people to people contact, transaksi bisnis, kesenian dan sosial budaya, antara lain Wonderful Indonesia in Laos, ASEAN Plus Music and Culinary Festival, Seminar Bilateral RI-Laos, Pameran Foto 60 tahun RI-Laos, pelatihan capacity building dan workshop di berbagai bidang kepada WN Laos dan sebagainya;

d) disepakatinya 5 (lima) MoU antar pemerintah kedua negara; dan e) saling dukung dalam pencalonan di berbagai organisasi internasional.

Duta Besar Irmawan Emir Wisnandar menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Laos dan menyampaikan keyakinannya bahwa hubungan bilateral kedua negara yang telah menginjak usia 60 tahun pada tahun 2017 ini akan semakin meningkat yang secara signifikan akan membangun kerjasama yang saling menguntungkan antara RI-Laos.

Acara kemudian dilanjutkan dengan santap siang bersama dengan Menteri Luar Negeri Laos dan para pejabat Kementerian Luar Negeri Laos. 

Vientiane,  November  2017