Pelajar PNG Minati Study Lanjut di Indonesia

​Sekitar 150 Pelajar dan warga masyarakat PNG yang ada di Vanimo hadir memadati acara Pameran Pendidikan Indonesia yang diadakan Konsulat RI Vanimo, tgl 11 Pebruari 2016. Pameran Pendidikan yang diadakan di Halaman Kantor Konsulat RI Vanimo tersebut menyajikan informasi mengenai peluang study lanjut bagi pelajar asing di Universitas Esa Unggul, salah satu Universitas swasta di Jakarta.

 "Sambutan masyarakat PNG cukup baik dan positif; mereka tertarik untuk melanjutkan study di Indonesia", kata Konsul RI Vanimo, Elmar Iwan Lubis.

Dalam acara Pameran diadakan penandatangan MoU Kerjasama Pendidikan dan Plan of Action tentang Full Scholarship Programme oleh Rektor UEU dengan Gubernur Sandaun. UEU Jakarta memberikan beasiswa bagi 5 Pelajar PNG belajar di UEU Program S1. Rektor Universitas Esa Unggul Dr. Arif Kusuma Among Praja mengatakan Beasiswa disediakan secara penuh selama empat tahun. Akan ada lima pelajar beruntung yang bisa menempuh kuliah gratis di jurusan pilihan mereka. Saat ini, kata Arif, program beasiswa baru masuk tahap penyaringan kandidat penerima.

Gubernur Sandaun Amkat Mai dihadapan para murid dan orang tua mengajak untuk menjadikan Universitas-unversitas di Indonesia sebagai pilihan bagi pelajar PNG untuk study lanjut dan tidak ragu-ragu mempelajari bahasa Indonesia sebagai salah satu bahasa yang sangat penting saat ini.

Sementara Konsul RI di Vanimo Elmar Lubis mengatakan, konsulat akan membantu perguruan tinggi di Indonesia yang ingin menjaring mahasiswa asal PapuaNugni. Indonesia memiliki banyak perguruan tinggi yang bagus sehingga dapat memperkenalkannya kepada para pelajar di Vanimo atau kota lainnya di Papua Nugini.

"Dengan makin banyaknya mahasiswa asal PNG yang belajar di Indonesia maka hubungan antara kedua negara juga semakin erat," ujar Elmar.

Pameran sehari tentang kemajuan Pendidian di Indonesia dan informasi study lanjut di Universitas Esa Unggul Jakarta berjalan baik dengan antusiasme yang besar dari masyarakat setempat.​