Konsul RI Vanimo Menerima Kunjungan Tim Asian Development Bank (ADB) dan Border Development Authority dari Port Moresby

Pada hari Rabu, 22 Februari 2017, Konsul RI Vanimo bersama Pelaksana Fungsi Konsuler KRI Vanimo menerima kunjungan dari tim Asian Development Bank (ADB), yang dipimpin oleh Mr. Ganiga Ganiga, Senior Project Officer (Infrastructure), di kantor Konsulat RI Vanimo. Dalam kunjungan tersebut, Mr. Ganiga turut didampingi oleh sejumlah pejabat Border Development Authority (BDA) dari Port Moresby dan Vanimo.

Pertemuan tersebut adalah courtesy meeting dari tim ADB sebelum melaksanakan peninjauan lapangan atas proyek pembangunan komplek perbatasan di Wutung, PNG. Konsul RI Vanimo dan Mr. Ganiga menggunakan kesempatan pertemuan ini untuk bertukar informasi mengenai proyek pengembangan perbatasan kedua negara. Konsul RI menegaskan bahwa pengembangan komplek perbatasan ini merupakan implementasi dari semangat untuk menjadikan wilayah perbatasan sebagai jembatan antara bangsa dan untuk mendukung pengembangan masyarakat yang tinggal di wilayah perbatasan khususnya pada sektor perekonomian.

Mr. Ganiga menyampaikan bahwa proyek komplek perbatasan di Wutung dimulai sejak tahun 2008 dan mendapat pendanaan sebesar US$ 25 juta dari ADB. Proyek tersebut memberi perhatian pada tiga aspek pengembangan, yaitu peningkatan fasilitas sarana pelayanan otoritas perbatasan PNG, peningkatan perekonomian dan mata pencaharian warga disekitar perbatasan hingga ke wilayah Lido, dan peningakatan kapasitas dari personil BDA dan otoritas perbatasan lainnya. Tim akan berada di Vanimo hingga 24 Februari 2017.