Sosialisasi Pemilu terhadap Masyarakat Indonesia di Tunisia

​Sesuai dengan penetapan oleh KPU, tahapan persiapan pemilu telah memasuki masa kampanye yang dimulai pada tanggal 23 September 2018 dan akan berakhir pada 13 April 2019. Menyambut masa kampanye tersebut, PPLN Tunis menyelenggarakan sosialisasi mengenai pemilu kepada masyarakat Indonesia di Tunisia pada tanggal 30 September 2018, bertempat di Wisma Duta Besar RI Tunis di Berges du Lac, Tunis.

Sosialisasi tersebut dihadiri sekitar 60 orang masyarakat Indonesia di Tunisia yang terdiri dari mahasiswa, staf KBRI Tunis dan masyarakat umum lainnya. Sosialisasi diawali dengan sambutan oleh Dubes RI Tunis, Bpk. Ikrar Nusa Bhakti, yang pada intinya menegaskan netralitas dirinya dan seluruh jajaran KBRI Tunis. Ketua PPLN Tunis, Sdr. Ardi Pramana, kemudian menyampaikan mengenai informasi hari pemungutan suara di Tunisia dan para peserta Pemilu Serentak 2019 serta memaparkan mengenai pentingnya menghindari golput. Presentasi terakhir diisi oleh Anggota PPLN Urusan Teknis Penyelenggaraan, Sosialisasi Pemilu, Pendidikan Pemilih, Data dan Informasi dan Pelaporan, Sdr. Rahmad Ilahi, yang memaparkan mengenai proses pendataan calon pemilih di luar negeri.

Pada sesi tanya jawab, Anggota PPLN Urusan Keuangan Logitik dan SDM, Sdr. Ahmad Lukman Fahmi, bertindak sebagai moderator dengan gaya yang serius namun santai, membangkitkan antusiasme peserta sosialisasi dengan memberikan doorprize bagi peserta yang dapat menjawab pertanyaan dari pemapar. Topik yang banyak mendapat perhatian dari peserta sosialisasi adalah mengenai aturan kampanye di luar negeri.

Secara keseluruhan Sosialisi Pemilu berjalan dengan baik dan lancar. PPLN Tunis berencana akan mengadakan kegiatan sosialisasi sekali lagi pada masa mendatang.