Rayakan Idul Adha 1439H, Masyarakat Indonesia di Tunisia Potong 8 Kambing

Masyarakat Indonesia yang menetap di Tunis, Tunisia, merayakan hari raya Idul Adha 1439 H yang diselenggarakan di Wisma Duta RI Tunis pada Selasa (21/8) pukul 07.00 waktu setempat di tengah suhu udara musim panas yang cukup menyengat. Pada perayaan Idul Adha 1439 H di Wisma Duta tahun ini, sebanyak 8 (delapan) kambing menjadi hewan kurban yang merupakan amanat para staf KBRI dan sumbangan warga Tunisia yang dikelola secara khusus oleh Persatuan Pelajar Indonesia (PPI Tunisia).

Perayaan Idul Adha dimulai dengan diselenggarakannya shalat Idul Adha yang dihadiri oleh mahasiswa Indonesia yang belajar di Tunisia, staf KBRI dan para mahasiswa yang tergabung dalam Persatuan Pelajar Indonesia di Tunisia (PP-Tunisia). Bertindak sebagai Imam shalat Idul Adha 1438 H adalah Sdr. Ardi Pramana dan khatib oleh Sdr. Mustofa Kamal.  

Dalam khotbahnya, Sdr. Mustofa Kamal menjelaskan hikmah Idul Adha dan perlunya umat Islam belajar dari sejarah perjuangan nabi Ibrahim dalam mengungkap rasa cintanya kepada anak dan kepada Allah SWT. Sifat optimisme yang diperlihatkan Nabi Ibrahim tergambar dari doa-doa dan keyakinannya dalam bersabar menghadapi cobaan serta keyakinan bahwa setiap ujian yang diberikan Allah SWT pastilah memiliki hikmah dan akan berakhir indah.

Usai shalat Idul Adha dan bersalam-salaman, acara dilanjutkan dengan ramah tamah seluruh masyarakat yang hadir dengan hidangan khas Idul Adha seperti sate kambing, lontong sayur, tongseng ayam dan aneka kue dan cemilan Indonesia di Wisma Duta. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban di area Wisma Duta RI.

Sumber: KBRI Tunis