Masyarakat Indonesia di Tunisia Gelar Pengajian bersamaan dengan Hari Santri Nasional

Masyarakat Indonesia di Tunisia menggelar acara pengajian bulanan, bersamaan dengan Hari Santri Nasional, yang dilaksanakan pada Jumat (19/10) di Wisma Duta RI Tunis. Dalam sambutannya Dubes RI Tunis, Prof. Dr. Ikrar Nusa Bhakti menyampaikan arahan terkait kondisi terkini (politik, keamanan, ekonomi dan sosial budaya di Tunisia). Karena bertepatan dengan Hari Santri Nasional, Dubes RI juga menyinggung pentingnya perjuangan para santri dalam rangka mendukung perjuangan kemerdekaan RI. Peran santri pada saat ini sangat dibutuhkan bukan hanya dalam bidang agama tetapi dituntut untuk bisa menjawab persoalan-persoalan masa kini, terutama berkontribusi dalam upaya mewujudkan Indonesia yang adil, makmur dan sejahtera.  

Ceramah Agama disampaikan oleh Ustadz Haidar, mahasiswa Universitas Ezzitouna, Tunis yang menyampaikan tema tentang pentingnya menjaga hubungan sesama manusia , saling memahami dan menebarkan kasih sayang antar sesama makhluk Tuhan Yang Maha Esa. Hal tersebut sesuai dengan inti sari dari Al Quran pada surat Al Hujurat ayat 13.

Acara pengajian tersebut ditutup dan dimeriahkan dengan peluncuran Majelis Shalawat PPI Tunisia yang diperkenalkan oleh Ketua PPI, Saudara Ahya Jazuli. Pembentukan Majelis Shalawat tersebut menjadi salah satu wadah kreativitas mahasiswa Indonesia di Tunisia untuk ikut mengenalkan budaya Indonesia termasuk musik Marawis kepada masyarakat Tunisia.

Acara ditutup dengan ramah tamah dan makan malam dengan menu aneka masakan Nusantara.

​Sumber : KBRI Tunis