Partisipasi Pengusaha Libya pada Trade Expo Indonesia 2018

Dalam rangka mendorong roda perekonomian Pemerintah Indonesia KBRI Tripoli telah memfasilitasi sebanyak 17 orang pengusaha Libya dari 28 anggota yang mendaftar untuk berpartisipasi sebagai “Buyer" pada Trade Expo Indonesia (TEI) yang diselenggarakan pada 24-28 Oktober 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Banten.

Para Buyer dari Libya pada Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 telah memberikan apresiasi dan tanggapan yang positif. Perlu diketahui bahwa pada tahun 2017 peserta TEI dari Libya hanya 11 orang pengusaha, sementara tahun ini pengusaha Libya yang hadir mengalami kenaikan. Meskipun situasi dan kondisi keamanan dan perekonomian Libya masih jauh dari kata stabil, itu tidak menghalangi minat mereka untuk datang dan berpartisipasi pada TEI 2018.

Para pengusaha Libya sangat tertarik dengan produk-produk Indonesia seperti Makanan ringan bersertifikat halal, alat-alat kebersihan, textil, kosmetik, perlengkapan perkantoran dan rempah-rempah.

Ketertarikan pengusaha Libya terhadap produk-produk unggulan Indonesia, ialah karena peran KBRI yang selama ini terus meyakinkan para pengusaha Libya untuk dapat berpartisipasi pada TEI dimaksud, dimana yang selama ini mereka lebih sering berkiblat ke China. Dalam hal ini KBRI juga telah meyakinkan para pengusaha bahwa produk-produk unggulan Indonesia dapat bersaing dengan produk-produk China serta harga yang masih relatif terjangkau.

Meskipun selama pelaksanaan TEI belum terdapat transaksi yang terlaksana, akan tetapi terdapat indikasi untuk transaksi yang akan dilakukan setelah pelaksanaan TEI 2018 dan KBRI akan terus aktif memonitor hal tersebut. Setidaknya ada 15 pemesanan yang dilakukan oleh para pengusaha Libya dari produk-produk yang dipamerkan di TEI. Produk-produk tersebut antara lain:

 No Barang Total
1Kopi Ara​bika
20 Ton
2Biji Kopi Hijau Kwalitas WBS16 Ton
3Biji Kopi Hijau Kwalitas WBB16 Ton
4Lada Hitam16 Ton
5Lada Putih16 Ton
6Cengkeh 20 Ton
7Kacang Tanah20 Ton
8Kacang Mede20 Ton
9Biji Pala10 Ton
10Mesin Jahit60 Unit
11Meja PerkantoranMasih dalam proses perbincangan
12Textil (Pakaian)Masih dalam proses perbincangan
13Alat-Alat KebersihanMasih dalam proses perbincangan
14Kosmetik Mustika RatuMasih dalam proses perbincangan
15Kerta A4 untuk perkantoran1 container

 

Kunjungan pengusaha Libya ke TEI tahun 2018 ini, selain melakukan pemesanan sejumlah produk yang dipamerkan, di atara mereka juga ada yang berminat untuk menjadi Sole Agent beberapa produk Indonesia di Negara Libya yang merupakan negara strategis untuk menjadi gerbang perdagangan ke negara-negara di Afrika Utara.