Paspor dan SPLP

​​​​​​​​​​​​Pembuatan (d/h Perpanjangan) Paspor Baru & SPLP

Terhitung mulai tanggal 1 Desember 2018, KJRI Toronto telah menerapkan Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) bagi semua permohonan paspor.

Dengan diberlakukannya SIMKIM, KJRI Toronto tidak lagi menerima permohonan paspor melalui pos/mail. Setiap pemohon paspor harus datang ke KJRI Toronto untuk melakukan wawancara, pengambilan foto wajah dan sidik jari.

Informasi lebih lanjut dapat ditanyakan kepada Fungsi Protokol dan Konsuler – No. Telp. 416-360-4020 ext 2249/2222 atau email di​ consular@indonesiatoronto.org


Persyaratan

  1. Mengisi formulir permohonan paspor, cetak per lembar (tidak bolak-balik) (fillable-form klik FormulirPaspor.pdf, mohon diisi dengan ketikan)
  2. Mengisi formulir lapor diri bagi yang belum terdaftar di KJRI Toronto (mengisi lapor diri klik disini​)
  3. ​Menyertakan paspor lama yang dimiliki saat ini tanpa sampul/cover.
  4. Dokumen keimigrasian asli dan fotocopy (Permanent Resident (PR) cardstudy permit, work permit, visa).
  5. Salinan Akte Lahir
  6. Membayar biaya dalam bentuk money order/bank draft ditujukan kepada "Indonesian Consulate" sebesar CAD 47.
  7. Penggantian Paspor karena alasan hilang, menyertakan Surat Laporan Keterangan Kehilangan dari Kepolisian lokal, fotocopy Paspor yang lama dan berita acara pemeriksaan oleh KJRI Toronto.
  8. Apabila menghendaki paspor baru dan paspor lama dikirimkan ke alamat Anda melalui pos, mohon menyertakan amplop balasan berbayar dan tercatat (trackable) yang telah dilengkapi dengan  alamat pengirim yaitu Consular Indonesian Consulate, 129 Jarvis St, Toronto, ON M5C2H6 dan alamat anda/tujuan dengan lengkap dan jelas. KJRI tidak bertanggung jawab atas beban biaya yang timbul jika amplop kembali akibat ketidakjelasan alamat tujuan.
  9. Untuk SPLP, pembayaran juga dilakukan dalam bentuk money order/bank draft ditujukan kepada "Indonesian Consulate" sebesar CAD 7.​


​Paspor untuk Anak

Setiap WNI di luar negeri wajib memiliki paspor, tidak terkecuali anak yang baru lahir baik dari pasangan WNI yang secara otomatis berhak atas kewarganegaraan Indonesia, atau anak dari pasangan campur WNI dan WNA (anak berkewarganegaraan ganda). 

Berdasarkan UU No. 12 Tahun 2006 pasal 6, anak yang memiliki status kewarganegaraan ganda pada saat usianya 18 (delapan belas) tahun atau sudah kawin, anak tersebut harus menyatakan memilih salah satu kewarganegaraannya. Pernyataan tersebut disampaikan secara tertulis dan diberikan waktu paling lambat 3 (tiga) tahun setelah anak berusia 18 (delapan belas) tahun atau sudah kawin.​

Berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor M.80-HL.04.01 Tahun 2007 pasal 9 anak yang memiliki status kewarganegaraan ganda dan belum menetukan pilihan kewarganegaraan dapat diberikan paspor Republik Indonesia yang masa berlakunya dibatasi hanya sampai anak yang bersangkutan berusia 21 (dua puluh satu) tahun.


Persyaratan​

  1. Mengisi formulir permohonan paspor, cetak per lembar (tidak bolak-balik) (fillable-form klik FormulirPaspor.pdf, mohon diisi dengan ketikan)
  2. Mengisi formulir lapor diri bagi yang belum terdaftar di KJRI Toronto  (mengisi lapor diri klik disini​)
  3. Akta lahir asli yang diterbitkan oleh Pemerintah Kanada
  4. Salinan akta nikah orang tua (jika tersedia)
  5. Dokumen keimigrasian asli orang tua (Permanent Resident (PR) cardstudy permit, work permit, visa
  6. Paspor asli salah satu orang tua
  7. Membayar biaya dalam bentuk money order/bank draft ditujukan kepada "Indonesian Consulate", sebesar CAD 47​. 

Orang tua juga DISARANKAN mengajukan Surat Kenal Lahir bagi anak, karena surat tersebut akan diperlukan oleh Kantor Catatan Sipil Indonesia untuk dasar penerbitan Akta Lahir Indonesia. Mohon isi formulir ​(klik Edited_Form_Kenal_Lahir.pdf ).




Informasi Tambahan​​

  1. Proses SIMKIM meliputi: foto, pengambilan sidik jari, wawancara, input data, pengecekan data, pengambilan bukti pembayaran dan penerimaan paspor.
  2. Sertakan semua fotokopi dokumen yang jelas terbaca pada kertas ukuran letter. Pisahkan fotokopi untuk setiap aplikasi yang berbeda. KJRI Toronto tidak menyediakan jasa print dan fotokopi. Mohon agar tidak menggunakan staple untuk menyatukan dokumen.
  3. Pemohon yang mengajukan penggantian paspor sebelum 6 (enam) bulan masa berlaku habis agar menyertakan Surat Permohonan yang menyebutkan alasan dan menyertakan bukti pendukung .
  4. Persyaratan tambahan lainnya untuk penggantian paspor lebih awal, penggantian paspor yang telah habis masa berlaku, penggantian paspor rusak/hilang, dan lainnya dapat menghubungi Layanan Konsuler KJRI Toronto.

Pada umumnya proses penggantian paspor biasa ini akan selesai dalam waktu 3-5 hari kerja diluar waktu pengiriman

Catatan: KJRI Toronto tidak bertanggung jawab atas amplop yang tertahan di Kantor Pos.​