Kuliah Umum Pengenalan Musik Tradisional Indonesia

LectureBaliGamWeb4.jpg

Toronto - Pada hari Kamis, tanggal 14 September 2017 pukul 13:00 waktu setempat, Konsul Jenderal RI Toronto dan Fungsi Pensosbud KJRI Toronto menghadiri kuliah umum pengenalan instrument musik Gamelan Bali di Museum Aga Khan, Toronto, oleh dua profesor musik etnis (ethnomusicologist) asal University of Toronto: Dr. Annette Sanger dan Dr. James Kippen.

Kuliah umum dibuka oleh Ms. Sanger yang memberikan prakata singkat mengenai obyek diskusi, sekaligus memperkenalkan Konjen RI kepada para hadirin. Sebagai pengenalan awal instrumen, kedua profesor memainkan Gamelan Gender Bali dan membawakan sepenggal gubahan musik klasik yang mengisahkan karakter Sinta dalam epos Ramayana.

Sebelum berfokus pada latar belakang sejarah dan ritual, serta jenis-jenis dan cara memainkan Gamelan Bali, Dr. Sanger dan Dr. Kippen memperkenalkan Indonesia dan Bali secara singkat. Disamping membahas mengenai jenis-jenis Gamelan Bali, diantaranya Gong Kebyar, Gamelan Semar Pegulingan, Gamelan Jegog, serta Gamelan Gender yang diperagakan secara langsung, kedua profesor juga memperkenalkan beberapa alat musik pelengkap gamelan lainnya, seperti suling bambu dan rebab.

Presentasi yang diselingi dengan berbagai video dan rekaman musik gamelan serta live performances ini, dihadiri oleh sekitar 50 peserta yang pada umumnya berusia manula. Antusiasme para hadirin terlihat tinggi, terutama pada akhir acara yang ditutup dengan sesi tanya jawab. Para hadirin memberikan pujian dan terima kasih kepada para profesor yang telah memperkenalkan dan memperagakan alat musik yang masih terbilang asing bagi penduduk lokal Toronto. (Sumber: KJRI Toronto-PSB)