Olah Raga Dekatkan Hubungan Indonesia-Turkmenistan

“Turkmenistan merupakan salah satu negara dengan tujuan program prioritas Kemenpora tahun 2018-2020.  Kerja sama olah raga yang dapat dikerjasamakan antara lain berupa pertukaran pelatih, atlet dan officials, coaching clinic dan saling berpatisipasi pada event olah raga di masing-masing negara" ujar Duta Besar Indonesia untuk Iran merangkap Turkmenistan, Octavino Alimudin pada saat bertemu dengan  Menteri Olahraga dan Kepemudaan Turkmenistan, Dayanch Gulgediyev  di tengah-tengah penyelenggaraan IWF World Championship di Ashgabat, tanggal 3 November 2018.

“Cabang olah raga yang menjadi keunggulan Turkmenistan antara lain olah raga berkuda, angkat besi, dan olah raga bela diri. Sementara olahraga yang menjadi unggulan Indonesia adalah pencak silat dan badminton. Banyak potensi yang dapat dikerjasamakan kedua negara untuk kemajuan prestasi olah raga masing-masing", tambah Dubes Octavino.

 Pertemuan keduanya dilakukan guna menggali lebih dalam kerja sama olah raga dan peningkatan partisipasi di bidang olah raga dan kepemudaan yang diselenggarakan kedua negara. Dalam pertemuan, kedua belah pihak saling mengapresiasi keberhasilan penyelenggaraan event olah raga internasional, yakni Asian Games dan Asian Para Games di Indonesia tahun 2018 dan 5th Asian Indoor and Martial Arts Games 2017 dan IWF World Championship 2018 yang saat ini tengah berlangsung di Ashgabat. Keduanya juga  sepakat untuk menentukan tanggal penandatanganan MoU kerja sama olahraga RI-Turkmenistan yaitu pada saat kunjungan pejabat tinggi kedua negara di berbagai kegiatan dalam jangka waktu dekat.

Di akhir pertemuan, Menteri Gulgediyev  menegaskan dukungan dari Presiden Turkmenistan terhadap peningkatan hubugan bilateral kedua Negara, termasuk kerja sama olah raga khususnya dalam menghadapi persiapan Olimpiade 2020. Olahraga telah mendekatkan hubungan Indonesia-Turkmenistan  (KBRI Tehran)