PERKUAT KERJASAMA BIDANG KESEHATAN, RI-IRAN TANDATANGANI KESEPAKATAN

Tanggal 25 Oktober 2018, bertempat di Astana, Kazakhstan, di sela-sela kegiatan Global Conference on Primary Health Care: From Alma-Ata Towards Universal Health, dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang Kerjasama Kesehatan antara Kementerian Kesehatan RI dan Kementerian Kesehatan dan Pendidikan Medikal Iran.

MoU ditandatangani Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M(K), Menteri Kesehatan RI dan Prof.Dr. Hassan Hashemi, MD, Menteri Kesehatan Iran. Penandatanganan yang sebelumnya dijadwalkan akan dilakukan di Tehran, Iran namun karena keterbatasan waktu kedua belah pihak sepakat untuk melakukannya di Astana, Kazakhstan pada saat menghadiri Global Conference on Primary Health Care: From Alma-Ata Towards Universal Health.

RI-Iran sepakat tingkatkan kerjasama layanan kesehatan, produk farmasi dan alat kesehatan, riset dan pengembangan kesehatan, Universal  Health Coverage (UHC), pencegahan dan pengawasan  Communicable and Non - Communicable Diseases, obat tradisional, serta Health Emergency Response and Disaster Management.

Kedua belah pihak juga sepakat melakukan kegiatan bersama seperti pertukaran informasi, pertukaran pengalaman termasuk sistem dan regulasi kesehatan, pertukaran kunjungan pakar dan pejabat kesehatan, Joint research, Capacity Building,  promosi kegiatan sektor swasta masing-masing Negara serta berbagai bentuk kerjasama lainnya.

Sementara itu Dubes Octavino Alimudin menyampaikan bahwa dengan ditandatanganinya kesepakatan tersebut merupakan satu  capaian dalam kerangka kerjasama kesehatan RI-Iran yang patut diapresiasi dan didukung penuh. Oleh karenanya KBRI Tehran akan terus memantau implementasi kesepakatan tersebut agar dapat berjalan dengan baik. (KBRI Tehran)