Tingkatkan hubungan RI-Uzbekistan, Menlu Uzbekistan hargai kinerja Dubes RI

​​​​

Tashkent, Uzbekistan. Sehubungan dengan akan berakhirnya masa tugas di Tashkent, Dubes RI menemui Menlu Uzbekistan, Abdulaziz Kamilov di kantor Kemlu Uzbekistan untuk berpamitan (29/12). Pada pertemuan ini, Menlu Uzbekistan didampingi Kepala Departemen Urusan Asia Timur, Asia Tenggara dan Oceania, A.T. Masutov da nbeberapa staf Kemlu lainnya.

 

Menlu Kamilov menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas peran aktif dan kontribusi yang telah diberikan Dubes RI bagi peningkatan kerja sama dan memperkuat hubungan kedua negara. Dirinya menyatakan puas atas hubungan yang erat serta perkembangan kerjasama kedua negara terutama di bidang politik, pendidikan, dan perdagangan dalam kurun waktu 4 tahun terakhir.

 

"Meskipun beberapa kerja sama kedua negara saat ini masih belum maksimal, namun terdapat peluang untuk meningkatkan hubungan kerjasama yang lebih dinamis di masa mendatang", kata Kamilov. Lebih lanjut dikatakannya, upaya-upaya tersebut antara lain dengan mengintensifkan hubungan antar masyarakat dan kerjasama di bidang pariwisata. Oleh karenanya, salah satu bentuk kerjasama yang dapat dijajaki kedepannya adalah membuka direct charter flight dari Indonesia ke Samarkand, Bukhara dan kota-kota yang memiliki nilai historis lainnya di Uzbekistan.

 

Sebagai balasan, Duta Besar RI juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama baik pihak-pihak terkait terutama Kemlu Uzbekistan dalam meningkatkan hubungan kedua negara. Dubes RI juga menyinggung hubungan baik di organisasi-organisasi internasional dan secara khusus menyampaikan terima kasih atas dukungan Uzbekistan pada pencalonan Indonesia sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB 2019-2020 sehingga Indonesia dapat terpilih pada pemilihan yang dilaksanakan 8 Juni 2018.

 

Apresiasi kepada Menlu Uzbek juga diutarakan Dubes RI atas pemberian bebas visa 30 hari kepada WNI yang berkunjung ke Uzbekistan sejak 10 Februari 2018 yang telah memberikan hasil positif bagi industri pariwisata Uzbekistan.

 

Dubes RI juga menyampaikan komitmen Indonesia untuk menindaklanjuti hasil-hasil pertemuan KKB ke-7 RI-Uzbek yang baru-baru ini diselenggarakan di Tashkent, di samping akan mengkoordinasikan rencana pertemuan the 2nd Joint Commission for Bilateral Cooperation pada paruh pertama tahun 2019 back-to-back dengan penyelenggaraan Business Meeting.

 

Di akhir pertemuan, kedua belah pihak juga berkesempatan saling bertukar pandangan tentang pentingnya perdamaian dalam proses pembangunan di kawasan dan kontribusi masing-masing negara dalam mencari solusi damai di Afghanistan (Sumber: KBRI Tashkent).

​