Kedai Kopi Pertama Indonesia di Tashkent Resmi Dibuka

Tashkent – Untuk pertama kalinya, kedai yang menyajikan kopi Indonesia secara resmi dibuka di Tashkent, Uzbekistan (18/01/2019). “Dengan dibukanya Java Kafeinn, The Indonesian Coffee Specialist, diharapkan masyarakat Uzbekistan dapat menikmati kekhususan kopi Indonesia yang memiliki cita rasa berbeda dari kopi negara lain,' ujar Jay Alatas, pemilik kedai sekaligus pemilik Hotel Le Grande Tashkent dalam memberi sambutan pembukaan.

Sebagai pemilik, Jay Alatas menjelaskan bahwa jenis kopi Indonesia yang disediakan masih sedikit, yaitu kopi Aceh, Gayo, Bali Kintamani, dan Malabar. Namun, ke depannya secara bertahap akan ditambah dari seluruh daerah penghasil kopi di Indonesia agar publik Uzbekistan yang memang penyuka kopi dapat mencicipi cita rasa kopi nusantara.

Selain kopi, kedai juga akan bertahap menyediakan kudapan khas Indonesia, seperti kue lumpur sebagai teman minum kopi. Untuk itu, pihaknya serius menggarap segmen kopi di Uzbekistan, termasuk melakukan pelatihan barista dan chef Uzbek ke Indonesia.

Tarian Pendet Bali juga ikut memeriahkan acara pembukaan, yang dihadiri oleh sejumlah pengusaha Uzbekistan, masyarakat umum, pers, dan staf KBRI. Selain itu, acara pembukaan juga turut diliput oleh media setempat, yaitu ZorTV dan Radio Maxima. (Sumber: KBRI Tashkent).