Tingkatkan Wisata Sekolah ke Indonesia, Wonderful Indonesia Selenggarakan Sales Mission di Sydney

Langit kota Sydney yang diselimuti awan gelap disertai angin kencang pada malam hari (27/11/18) tidak menghalangi sukses pelaksanaan Sales Mission dan Program Pendidikan oleh Wonderful Indonesia. Bertempat di Restoran Otto di Woolloomooloo NSW, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI bersama Visit Indonesia Tourism Office Sydney (VITO) dan didukung oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia Sydney (KJRI), selenggarakan malam informasi yang bertujuan untuk tingkatkan wisata sekolah ke Indonesia. Sekolah dan Operator Wisata merupakan para pihak yang disasar pada acara ini, dan lebih dari 30 tamu hadir untuk mengenal lebih jauh mengenai destinasi eksotis Indonesia yang bisa menjadi tempat kunjungan sekolah ke depan.

Konsul Penerangan, Sosial dan Budaya, Hermanus Dimara damping oleh Asisten Joanne Hajjar, memberikan sambutan pada acara tersebut, sebagai wakil dari KJRI Sydney.

“Acara ini berlangsung pada saat yang tepat, karena Indonesia dan Australia baru saja meningkatkan kerja sama dengan menandatangani sebuah Kemitraan Komprehensif Strategis (CSP), yang mengatur antara lain perlunya meningkatkan hubungan antara orang ke orang”, Konsul Dimara jelaskan dalam sambutan singkatnya. “Pelajar dan mahasiswa adalah penyumbang besar untuk perkuat hubungan antara orang ke orang kedua negara kita. Semakin banyak orang Australia yang mengunjungi Indonesia dan sebaliknya, semakin kita memiliki saling pengertian dan saling percaya sebagai negara dan tetangga, yang pada gilirannya mendorong terbentuknya sebuah hubungan yang semakin dekat”, simpulnya.

Data statistik pada malam tersebut menunjukkan bahwa orang Australia memang berkunjung ke Indonesia, namun 90% diantaranya berkunjung ke Bali, yang hanyalah satu dari hamparan sekitar 18.000 pulau-pulau indah yang dimiliki Indonesia. Karena itu, tujuan Kementerian Pariwisata RI meningkatkan wisata sekolah ke Indonesia juga berkaitan dengan upaya Pemerintah RI mempromosi 10 Bali baru – sebuah inisiatif untuk meningkatkan jumlah wisatawan berkunjung pulau-pulau selain Bali, di mana sekolah-sekolah ditawarkan kunjungan wisata ke tempat-tempat lain seperti Yogyakarta, Lombok dan Jakarta.

Menambah sambutan Konsul Dimara, Jubilar Paskoro dari Kementerian Pariwisata RI, Siam Nugraha dari VITO dan Robert Crabble dari 4Mile (sebuah perusahaan di bidang perjalanan yang bekerja sama dengan VITO dalam kegiatan pada malam tersebut) juga memberikan presentasi mengenai inisiatif-inisiatif dari Pemerintah Indonesia untuk mempromosikan tempat-tempat indah di Indonesia sebagai tujuan wisata sekolah. Kegiatan malam itu diakhiri dengan penampilan tari Indonesia dan pengumuman 2 pemenang tiket pesawat pergi pulang Indonesia.

Sydney, 28 November 2018

Tim Media (JH)

Konsulat Jenderal Republik Indonesia Sydne