SD Claremont di Australia Ingin Kerja Sama dengan Sekolah di Indonesia

Selasa (20/2/2018) – Acting Konjen RI Sydney, Hermanus Dimara didampingi seorang staf, Joanne Hajjar mengunjungi Sekolah Clairemont di Randwick, New South Wales, Australia untuk bertemu dengan Kepala Sekolah dan guru bahasa Indonesia sekolah tersebut. Pertemuan dilakukan untuk membahas program kolaborasi  promosi pengajaran dan pemelajaran bahasa Indonesia di Claremont. Salah satu topik diskusi yang juga dibahas adalah minat pihak SD Claremont untuk kerja sama sekolah kembar dengan salah satu SD di Indonesia.

Jauh sebelumnya SD Claremont telah memiliki kerja sama dengan SDN Denpasar, Bali. Namun, rencana meresmikan kerja sama tersebut melalui penandatanganan MoU antar kedua sekolah tidak terwujud seperti yang direncanakan. Claremont menyampaikan minatnya untuk melakukan kerja sama serupa dengan sekolah dasar lainnya di Indonesia, dan menyambut positif masukan KJRI untuk membentuk kerja sama sister school dengan salah satu sekolah dasar di Jakarta, di bawah payung kerja sama bersaudara DKI Jakarta – NSW.

 “Membangun kerja sama dengan SD di Indonesia akan memberikan contoh yang baik untuk diikuti oleh sekolah-sekolah lain di Australia yang mengajarkan Bahasa Indonesia," kata Kepala Sekolah Claremont, Doug Thomas. “Kami sangat senang untuk dapat mempromosikan dan berbagi pengalaman serta praktik terbaik kami dengan Indonesia, yang dapat memberikan contoh bagi sekolah lainnya " lanjutnya.

Karena lokasinya yang hanya berjarak 4,5km dari KJRI di Maroubra, Claremont juga tertarik untuk meningkatkan pertemuan tatap muka rutin antara KJRI dengan para siswanya. Hal ini sejalan dengan salah satu program prioritas utama KJRI tahun ini, yaitu mengunjungi berbagai sekolah di tiga negara bagian yaitu, New South Wales, Queensland dan Australia Selatan, untuk mempromosikan pemelajaran dan pengajaran bahasa serta budaya Indonesia. Program ini dapat berupa pertunjukan tarian dan budaya atau kelas memasak di sekolah tersebut. Juga berupa bincang-bincang dengan para siswa mengenai Indonesia, mengenai Indonesia sebagai salah satu tetangga terdekat Australia, bahasa Indonesia akan sangat bermanfaat bagi para siswa di masa depan.

"KJRI sangat apresisasi dukungan konsisten anda bagi pengajaran dan pemelajaran bahasa Indonesia di SD Claremont," ungkap Hermanus Dimara di sela-sela pertemuan. "KJRI siap untuk berkolaborasi dengan Claremont dalam program ini," lanjutnya.

Sekolah Claremont adalah satu dari 55 sekolah negeri (sekolah dasar dan menengah) di seluruh NSW yang mengajarkan bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia mulai  diajarkan di Claremont sekitar 7 tahun yang lalu oleh kepala sekolah yang masih menjabat sampai saat ini, Doug Thomas dan ditandai sebagai mata pelajaran wajib dari kelas dua sampai enam. Bahasa Indonesia diajarkan setiap hari Senin dan Selasa oleh guru bahasa Indonesia, Jill Shoebridge kepada sekitar 250 dari total 350 siswa di sekolah Claremont. Jill juga mengajar alat musik tradisional Angklung, di Klub Angklung setiap hari Selasa dari pukul 12:30 sampai 13:00 di Claremont.

Sydney, 26 February 2018

Team Media

KJRI Sydney