Indonesia Masuk Sekolah ke SMA di Australia Selatan

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Sydney kembali menyelenggarakan program Indonesia Goes to School – Indonesia Masuk Sekolah ke SMA Woodville di Adelaide, Australia Selatan kemarin (18.9.18). Sekitar 40 pelajar yang sedang belajar Bahasa Indonesia di Woodville menghadiri kegiatan tersebut, yang terdiri pertunjukan Angklung interaktif oleh Grup Adelindo di Adelaide, tari interaktif Indonesia dari daerah NTT oleh para mahasiswa Indonesia dari Universitas Flinders, pemutaran video singkat mengenai Indonesia Hari Ini dan sambutan oleh Konsul Zani Murnia mewakili Konsul Jenderal RI Sydney pada hari itu.

“Semoga dengan mengalami musik dan tari tradisional Indonesia dan berbicara dengan orang Indonesia seperti saya, kalian akan semakin berminat dan memiliki pemahaman yang lebih dalam mengenai budaya Indonesia”, Konsul Zani Murnia kepada para siswa di acara tersebut. “Minat tersebut dapat melahirkan keinginan untuk melanjutkan Bahasa Indonesia di SMA dan bahkan di perguruan tinggi”, lanjut Konsul Zani.

SMA Woodville adalah sekolah pemerintah di Adelaide yang mengajarkan Bahasa Indonesia dan Bahasa Vietnam sebagai mata pelajaran wajib di kelas delapan (atau setara dengan kelas 2 SMP di Indonesia) dan dapat dilanjutkan sebagai pelajaran pilihan pada kelas sembilan. Terdapat sekitar 50 siswa saat ini belajar Bahasa Indonesia pada semua kelas di Woodville. Jumlah tersebut memang tidak terlampau banyak dibandingkan sekolah lainnya di Australia Selatan.

“Kalau travel advisory ke Indonesia di Australia Selatan dihapus dan kami dapat kirim beberapa kelas Bahasa Indonesia untuk mengunjungi Indonesia, saya percaya itu akan membuat belajar Bahasa Indonesia menjadi pilihan yang lebih menarik untuk para siswa di sekolah ini” jelas Meredith Edwards, Kepala Sekolah SMA Woodville pada pertemuan dengan Konsul Zani Murnia dan guru bahasa Indonesia, Dianne Dahim di akhir acara.

Program Indonesia Masuk Sekolah bertujuan untuk mempromosikan pemelajaran dan pengajaran Bahasa Indonesia di wilayah kerja KJRI Sydney yang mencakup New South Wales, Queensland, dan Australia Selatan, sebagai salah satu program prioritas KJRI Sydney tahun ini. Tahun ini KJRI Sydney sudah 4 kali melaksanakan program Indonesia Goes to School, termasuk Woodville, sejak Mei 2018. Sekolah lain yang sudah dikunjungi dalam program ini termasuk Shearwater di bagian utara NSW, SMA St John the Evangesist di Nowra dan SMA Le Fevre di Adelaide.

Sydney, 19 September 2018

Team Media (JH)

Konsulat Jenderal RI Sydney