Terima Surat Kepercayaan Dubes RI, Presiden Kiribati Sampaikan Simpati bagi Musibah Kapal di Danau Toba

Pertemuan Bilateral Duta Besar RI dan Presiden Kiribati
Penyerahan Surat Kepercayaan kepada Presiden Kiribati
Penyerahan Cinderamata Indonesia kepada Presiden Kiribati

​​

Tarawa, 26 Juni 2018. Presiden Kiribati Taneti Maamau mengucapkan rasa duka yang mendalam Pemerintah dan seluruh rakyat Kiribati kepada para keluarga korban kecelakaan kapal Sinar Bangun yang tenggelam di danau Toba tanggal 20 Juni 2018. Hal ini disampaikan dalam pembicaraan bilateral dengan Duta Besar RI untuk Fiji, Kiribati, Tuvalu dan Nauru, Raden Mohammad Benyamin Scott Carnadi saat acara penyerahan Surat-surat Kepercayaan di State House, Tarawa Kiribati dan saat sambutan makan malam tanggal 25 Juni 2018 dengan mengajak para tamu undangan untuk mengheningkan cipta.

Duta Besar RI untuk Fiji, Kiribati, Tuvalu dan Nauru Benyamin Scott Carnadi menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden Kiribati di State House, Tarawa Kiribati dalam sebuah acara yang berjalan sederhana dan hikmat. Setelah penyerahan Surat Kepercayaan, Duta Besar RI mengadakan pembicaraan bilateral didampingi oleh pejabat ekonomi KBRI Suva. Pada kesempatan tersebut Presiden Kiribati menyampaikan selamat atas penunjukan sebagai Duta Besar RI untuk Fiji, merangkap Kiribati, Tuvalu dan Nauru serta mengharapkan bahwa hubungan diplomatik yang terjalin sejak Mei 2013 akan semakin meningkat dan bermanfaat bagi rakyat kedua negara. Taneti Maamau juga mengucapkan penghargaan atas bantuan yang diberikan Indonesia dalam bentuk berbagai pelatihan dan kerjasama teknik antara lain pelatihan pengolahan rumput laut, produk kelapa, produk perikanan dan terakhir adalah pelatihan mitigasi bencana tsunami di Aceh bulan April 2018.  Presiden juga mengakui bahwa beasiswa seni dan budaya Indonesia yang setiap tahun diberikan oleh Kementerian Luar Negeri RI sangat bermanfaat bagi pelajar Kiribati, mengingat budaya menari dan menyanyi sangat melekat dalam tradisi masyarakat Kiribati.  

Duta Besar Benyamin Carnadi menyambut ucapan simpati dan duka cita dari Presiden Kiribati dan berjanji akan menyampaikan kepada pihak keluarga di Indonesia. Pada kesempatan tersebut Duta Besar Benyamin menyampaikan penghargaan atas dukungan yang diberikan pemerintah Kiribati kepada Indonesia dalam pemilihan anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB dan anggota Komite PBB untuk Hak-hak Orang-orang Cacat. Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan kerjasama dengan Negara-negara di Pasifik di bidang perdagangan, ekonomi dan investasi, Duta besar Benyamin juga mengundang Ketua Parlemen Kiribati untuk hadiri pertemuan Kemitraan Parlemen Indonesia dan Pasifik pada 23-24 Juli mendatang di Indonesia, dan para pengusaha Kiribati dalam Trade Expo Indonesia bulan Oktober 2018. Presiden Taneti menyambut baik undangan tersebut dan akan menyampaikan hal ini masing-masing kepada Ketua Parlemen dan anggota Kamar Dagang Kiribati.

Sebagai catatan, Kiribati merupakan negara kepulauan yang terletak di samudera Pasifik bagian selatan, berpenduduk 100 ribu jiwa, dengan latar belakang etnis mikronesia dan Melanesia yang saat ini tengah menghadapi tantangan perubahan iklim akibat naiknya permukaan air laut. Kiribati merupakan salah satu wilayah rangkapan KBRI Suva, bersama Tuvalu dan Nauru. (Sumber: KBRI Suva)​