Murid Sekolah di Fiji Belajar Mengenai Indonesia Melalui Festival Film Indonesia 2016

Dua sekolah ternama di Sigatoka, Fiji yaitu Sigatoka Methodist School dan Cuvu College diramaikan dengan adanya acara Festival Film Indonesia (FFI) 2016. FFI diadakan selama dua hari, tanggal 19 Mei di Sigatoka Methodist School dan tanggal 20 Mei di Cuvu College. Sejumlah lebih dari 500 murid ikut berpartisipasi dan menonton film "Laskar Pelangi" yang ditayangkan dalam FFI.

Pada sambutan pembukaannya, Minister Counselor KBRI, Bapak Nugraha Purniawan. menyampaikan apresiasi kepada jajaran staf sekolah atas dukungan yang diberikan kepada KBRI dalam penyelenggaraan FFI 2016. Disampaikan pula mengenai profil singkat / latar belakang Indonesia, di mana terdapat beberapa seni budaya serupa dan kesamaan penduduk Melanesia di Indonesia dan Fiji. Minister Counselor juga berharap agar murid dapat belajar dan lebih mengenal Indonesia melalui acara FFI. Selama ini publik Fiji lebih familiar dengan perfilman Hollywood, Bollywood, China dan Korea, untuk itu dengan adanya FFI yang menayangkan perfilman nasional, dapat memberikan nuansa baru bagi publik di Fiji

Murid nampak tertawa terbahak – bahak sekaligus terharu dengan adegan – adegan yang ditampilkan dalam film "Laskar Pelangi". Seorang murid mengaku terharu menyaksikkan adegan di mana anak – anak di Indonesia juga mengalami kesulitan dan tantangan dalam menuntut ilmu. Melalui film tersebut, murid menyadari berbagai kesamaan antara Indonesia dan Fiji, antara lain kesamaan alam, seni budaya dan kondisi sosial terkait kesulitan yang dihadapi anak – anak untuk dapat memperoleh pendidikan formal di sekolah.

Selain memperkenalkan Indonesia melalui tayangan film nasional, kegiatan FFI juga menampilkan pertunjukkan seni budaya yaitu Tari Bali (Tari Wirayudha) yang ditampilkan oleh alumni Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) dan para murid sangat terhibur dengan ditampilkannya tarian Bali tersebut. Selain itu dilakukan juga upaya promosi dengan men-display berbagai produk Indonesia yang dijual di Fiji.

Guna terus meningkatkan upaya promosi mengenai Indonesia di berbagai aspek, ke depannya KBRI berencana untuk mengadakan kegiatan FFI secara rutin tiap tahunnya ke berbagai wilayah di Fiji. Penayangan film nasional merupakan salah satu sarana promosi yang strategis untuk upaya pencitraan positif Indonesia di Fiji.