Merah Putih Berkibar Gagah di Samudera Pasifik

​​

Serangkaian acara memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-73 telah diselenggarakan di Ibukota Suva, Fiji, pada bulan Juli dan Agustus 2018. Ajang ini tidak hanya memperkuat rasa nasionalisme dan tali silahturahmi diantara warga negara Indonesia yang berada di Fiji, namun juga telah memupuk rasa persaudaraan dengan masyarakat Fiji.  “Acara ini positif karena memberikan kesempatan untuk bertemu dengan keluarga besar Indonesia dan berinteraksi satu sama lain. Acara ini sangat berarti”, kata Sam, warga Fiji.

Pada Games Day, masyarakat antusias mengikuti lomba makan sambal, gaple, tenis meja, mini basket, karambol dan KBRI Suva Got Talent, pada 21 Juli 2018, di Wisma Indonesia. Bukan lidah saja yang bergoyang, tapi  masyarakat juga digoyang dangdut.

Ikut menyemarakan perayaan, pertandingan Turnamen Bulu Tangkis Ganda diselenggarakan pada tanggal 7-9 Agustus 2018 di Sekolah Yatsen pada malam hari. Pertandingan ini diikuti lebih dari 50 peserta dengan latar belakang kewarganegaraan yang beranekaragam. Pemenang diberikan hadiah untuk kategori ganda putra, ganda putri dan ganda campuran, untuk tingkat kemahiran Grade C dan Grade B.

Sementara itu, untuk memeriahkan rangkaian acara HUT RI, pada 11 Agustus 2018 KBRI Suva menyelenggarakan Family Fun Day di My Suva Park yang dihadiri oleh sekitar 100 peserta. Acara dimulai dengan jalan sehat sekitar pukul 8.00 pagi.Para peserta antusias menyusuri rute jalan sehat sejauh 3 km. Dilanjutkan dengan sarapan pagi bersama, menyantap nasi uduk spesial. Masyarakat juga menikmati pertunjukkan musik angklung seraya mengobati rasa kangen ataupun menimbulkan rasa takjub pada Indonesia. Musik angklung dibawakan oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP), masyarakat Indonesia, dan juga masyarakat Fiji yang merupakan alumni Beasiswa Seni Budaya Indonesia (BSBI). Pertunjukkan musik angklung ini juga diiringi dengan permainan bass oleh staff KBRI dan permainan drum oleh Bapak Dubes. Kemudian kemeriahan pelaksanaan acara perlombaan tradisional 17 Agustus, baik untuk dewasa atau anak-anak, antara lain balap karung, lari kelereng, balon air, joget balon, pensil dalam botol, makan oreo, music chair, serta voli pantai. Di sela-sela perlombaan, sosialisai PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri) dilakukan untuk pendataan calon pemilih pada Pemilu Presiden, termasuk dengan memberikan kuis.

Pada tanggal 17 Agustus 2018, diselenggarakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Wisma. Upacara dipimpin oleh Duta Besar RI Suva, R.M. Benyamin Scott Carnadi sebagai Inspektur Upacara. Acara ini dihadiri oleh sekitar 40 orang, yang terdiri dari keluarga besar KBRI Suva, Dharma Wanita Persatuan, dan masyarakat. Walaupun cuaca agak berawan dan bahkan sedikit gerimis, rintik hujan pun berhenti dan bendera merah putih berkibar dengan gagah. Upacara berjalan dengan khidmat, tertib dan lancar. Begitupun dengan Upacara Penurunan Bendera, yang dilakukan pada sore harinya. Di samping itu, Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), yang melakukan formasi variasi berbaris yang membuat upacara makin menarik, juga telah diadakan bagi mereka pengukuhan serta pemberian sertifikat. Jamuan berbagai hidangan khas Indonesia disajikan di Wisma dan pemotongan tumpeng dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur rakyat Indonesia atas berlimpahnya karunia kemerdekaan dari Tuhan dan perjuangan Para Pahlawan. Potongan tumpeng simbolis diberikan kepada masyarakat Indonesia yang terlama dan terbaru menetap di Fiji, sebagai bentuk doa atas upayanya dalam meneruskan cita-cita Para Pendiri Bangsa.

Rangkaian acara perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-73 di Suva telah mengenalkan masyarakat dan budaya indonesia kepada masyarakat setempat. Harapannya adalah masyarakat Indonesia juga dapat menjadi semakin dekat dengan warga negara-negara tetangga yang berada di kawasan Pasifik, terutama di Fiji.