Santa Claus bagi-bagi hadiah diperayaan Natal Göteborg

Göteborg, 24 November 2018. Perhimpunan Indonesia di Göteborg (Indonesiska Föreningen i Göteborg) pada tanggal 24 November 2018 menggelar acara Perayaan Natal / Julfest 2018, bertempat di Backa Folket Hus, Sal B, Göteborg, dibawah pimpinan Ibu Andita Saraswati Therning.

Kegiatan perayaan Natal ini dihadiri oleh sekitar 150 pengunjung yang berasal dari Komunitas Diaspora Indonesia di Swedia serta masyarakat Swedia juga hadir dalam perayaan ini.

Minuman tradisional khas Swedia ”Glögg” menyambut kedatangan para undangan. Ibu Ning Hapsoro ( istri dari Duta Besar Bagas Hapsoro) mewakili Duta Besar RI menyampaikan pesan Natal pada sambutan pembukaan yang mengapresiasi inisiatif dan penyelenggaraan acara Julfest ini. Ditegaskan juga bahwa masyarakat Indonesia terus mempertahankan kerjasama dan hubungan  masyarakat setempat khususnya Swedia.

Perayaan Natal kali ini disemarakkan dengan prosesi Santa Lucia yang merupakan tradisi perayaan Natal di Swedia dimana anak-anak kecil berjalan beriringan dengan membawa lilin dengan diiringi lagu Natten går tunga fjät (Sankta Lucia). Setelah itu, kedatangan Santa Claus turut memeriahkan acara ini terutama bagi anak-anak yang mendapatkan hadiah.

Tarian Riau melengkapi perayaan Natal ini, serta nyanyian Natal yang dibawakan oleh putri ketua Indonesiska Föreningen. Nyanyian Natal lainnya juga dibawakan oleh Charline Teintang dengan suaranya yang memukau. Sajian makanan khas Indonesia dan Swedia juga menyemarakkan dan menarik perhatian para pengunjung.

(Sumber: KBRI Stockholm)​