KESAN WNI YANG TINGGAL DI LATVIA

Riga (Sabtu, 24 Nopember 2018). Tinggal di luar negeri itu ada suka dukanya. Motif menetap bermacam-macam. Ada yang karena mencari nafkah di negeri orang atau menikah dengan orang setempat.

Seperti apa kehidupan di Riga? Tim KBRI mengunjungi kota Riga. Disamping menghadiri Forum Konsultasi Bilateral antara Kemlu Indonesia dan Latvia, juga mendampingi sosialisasi yang dilakukan Panitia Pemilihan umum Luar Negeri (PPLN).

Tim KBRI mengadakan wawancara dengan 3 orang WNI yang tinggal di Riga.

Muhammad Ridwan yang bekerja di perusahaan Schneider Electric memiliki kesan yang baik. Kesan baik yang dilihat Ridwan adalah biaya di Latvia relatif lebih murah jika dibandingkan dengan negara Uni Eropa lainnya. Untuk berobat pun jauh lebih murah jika dibandingkan dengan negara lain yang berada di kawasan Uni Eropa.

 

Beda sedikit dengan pandangan Vaulina Intan Herawati yang tinggal di Latvia sejak 2017. Untuk biaya hidup di negeri Baltik ini Vaulina mengatakan tergolong terjangkau, jika bisa menyempatkan waktu berbelanja di pasar akan lebih murah mendapatkan barang-barang pokok. Dan biaya asuransi Vaulina tidak terlalu mahal.

 

Pandangan senada diutarakan Indah Triyanti, yang telah tinggal di Latvia sejak Pebruari 2018. Cost of living di Riga menurut Indah bisa dibilang murah. “Karena sebelumnya pernah tinggal di Amsterdam dan Madrid", kata Indah. Biaya asuransi di Latvia menurut Indah juga terjangkau.

 

Untuk bahan makanan yang Indah beli di Central Market kualitasnya baik, terjangkau bahkan ayam atau daging sapi harganya dibawah harga daging di negara Uni Eropa lainnya.

 

Bahan makanan untuk orang asing juga gampang diketemukan walau kebanyakan dalam bentuk cepat saji "Dan ini mempermudah kami yang seleranya Indonesia banget", kata Indah yang asli Bandung.

 

 

Biaya berobat yang terjangkau

 

Untuk berobat Indah pernah ke RS swasta, antara lain Capital Clinic Riga dan My Clinic Riga. Pelayanan di kedua rumah sakit tersebut sangat baik. Selain dokter dan perawatnya bisa berbahasa Inggris dan ramah, fasilitas kesehatannya juga sangat baik.

 

Apakah orang Latvia ramah?

 

Menurut Ridwan, sebagai pendatang kita harus mengenal mereka lebih dekat terlebih dahulu baru mereka welcome dan ramah kepada kita. Lazimnya jika kita menemukan orang Latvia yang sangat ramah dengan orang asing, bisa dikatakan mereka sudah pernah tinggal di luar Latvia dan bertemu banyak orang asing serta memiliki hubungan relasi yang cukup luas dibanding dengan yang lain. Bisa dibilang rata-rata orang Latvia itu ramah.

 

Sementara itu Vaulina juga berpandangan sama. "Typical orang Latvia menurut saya, ada yang jenis introvert tapi tidak sepenuhnya,mereka tertutup untuk orang yang baru dikenal," kata Vaulina. Tapi kalau sudah mengenal sebelumnya sangat baik sekali dan membantu.

 

Menurut Indah tinggal di luar negeri adalah kesempatan dan pengalaman yang sangat berharga. Banyak hal-hal baru yang ditemui Indah. "Salah satu kunci suksesnya adalah saya beradaptasi dengan lingkungan, budaya, dan pergaulannya. Namun, bagi saya yang lebih lama tinggal di Indonesia, dimana budaya dan kebiasaan negeri sendiri sudah sangat berakar dalam diri kita, bisa menjadi tantangan tersendiri untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru lagi", kata Indah.

 

Bagaimana pelayanan umum kepada masyarakat (transportasi publik) dan  situasi keamanan?


Menurut Ridwan pelayanan umum cukup baik, hanya saja terkadang kita perlu antri atau book terlebih dahulu.Keamanan di Riga bisa dikategorikan sangat aman. Tetapi ada baiknya perlu hati2 dan hindari tempat yang sepi juga untuk keamanan kita sendiri.

 

Vaulina mempunyai pandangan yang kurang lebih sama. Untuk pelayanan umum seperti transportasi umum, bisa saya katakan cukup baik. Kita bisa menggunakan kartu yang disebut disini “e-talons" untuk menggunakan sarana transportasi (trem, bis antar area) di Riga. Keamanan disini menurut Vaulina aman. Jikalau mendapati hal yang kurang aman atau mencurigakan bisa langsung menghungi 112.

 

Bagi Indah, transport publik di Riga sangat mudah dan tersedia disetiap lokasi seperti Bus, trolley bus, tram dan taxi. Ongkos naik taksi dan bis sangat terjangkau terlebih jikalau memiliki kartu langganan bus dimana di akhir pekan dan hari libur ada diskon 50%.

 

Apa saran dan pesan bagi orang-orang Indonesia?

 

Latvia salah satu destinasi wisata yang cukup bagus untuk dikunjungi, negara kecil ini memiliki kawasan hijau yang banyak, hutan/alamnya indah serta suasananya nyaman.

 

Ridwan memberi pesan dan saran bagi orang Indonesia yang melakukan perjalanan dan berwisata ke Riga: jika ingin mengetahui informasi transportasi umum bisa menanyakan di kios Narvesen untuk mendapatkan tiket dan disana biasanya dsediakan map untuk kota Riga dan beberapa buku rekomendasi untuk berwisata.

 

Beberapa tips yang  di-share Indah bagi WNI yang berencana untuk pindah ke Latvia agar bisa beradaptasi dan menjalin pertemanan atau hubungan baik dengan masyarakat lokal di Latvia, ada beberapa hal yaitu sebagai berikut:

 

Pelajari Bahasa Lokal.

Di Latvia bahasa adalah sesuatu yang sangat esensial dalam menjalin komunikasi. Jika tidak dapat berkomunikasi dengan baik akan sulit untuk dapat bergaul dengan orang-orang lokal. Karena itu, penting untuk saya mempelajari bahasa lokal yang digunakan sehari-hari di negeri itu dengan khursus bahasa Latvia

 

Mencari kesibukan dan banyak bergaul

Menjadi anggota dalam sebuah komunitas atau organisasi seperti expat community di Riga dan European – Asian Chamber of Commerce representative.

Masyarakat lokal Riga dan Latvia sejauh ini ramah dan membuka diri untuk membantu jikalau diminta bantuan atau bekerjasama. Tidak ada isu atau kendala dalam hal ini.

 

Dan tetap menjaga hubungan dengan teman-teman, sahabat dan sanak saudara dari Indonesia.

 

Apa yang yang menjadi harapan teman-teman yang tinggal disini?

 

Ridwan berminat untuk lebih mempromosikan Indonesia di Latvia. Jika kebetulan ada suatu kegiatan berkaitan dengan Indonesia di Latvia mungkin bisa bantu mempromosikannya agar peminat mencakup dari kalangan muda sampai dewasa. Adapun untuk hal yang saya harapkan dari KBRI, lebih sering datang ke Riga, agar warga Latvia lebih mengenal negara Indonesia secara lebih dekat.

 

Harapan Indah sederhana saja. Semoga teman-teman WNI sering saling berkomunikasi dengan baik, aktif bertemu bertukar pengalaman dan ide yang mungkin bisa membawa reputasi baik untuk dirinya secara pribadi dan juga untuk negara, Indonesia.

 

Teruslah menjadi duta Bangsa Indonesia dengan terus mempertahankan budaya RAMAH, selalu TERSENYUM dan menghargai orang lain yang sudah menjadi ikon kita sebagai bangsa Indonesia, dimanapun kita berada.

 

"Untuk teman-teman WNI yang sekolah, bekerja atau mungkin menikah dengan WNA, suatu hari saya berharap kita semua bisa kembali pulang. Berkaryalah. Indonesia membutuhkan anda dan saya. Indonesia membutuhkan kita semua", kata Indah.

 

"Dengan semakin banyaknya mereka yang peduli akan Indonesia kembali ke tanah air, saya yakin, Indonesia akan bangkit sejajar menjadi negara-negara maju tidak dalam waktu lama", sambung Indah.

 

"Kami berharap dapat menggunakan hak pilih kami dengan baik dan dalam hal ini bisa dibantu oleh PPLN yang berada di Stockholm, mengingat jarak yang jauh dan sampai hari ini hanya kami bertiga WNI yang ada di Latvia", demikian pesan ketiganya.

 

Ketiga WNI di Latvia ini satu pandangan bahwa semoga hubungan dan kerjasama baik dengan Latvia, dan KBRI dengan WNI semakin baik. Mereka siap dilibatkan langsung untuk membantu KBRI dan Indonesia dalam upaya mempromosikan potensi Indonesia dan juga untuk hubungan saling menguntungkan antara RI dan Latvia. Demikian sekedar sharing pandangan Ridwan, Vaulina dan Indah.

 

Penutup

 

Untuk diketahui Riga adalah ibukota Latvia sekaligus kota paling besar di Latvia. Kota ini baru saja mendapat gelar sebagai Ibukota Kebudayaan Eropa tahun ini. Riga dikenal karena keindahan arsitekturnya, warisan budayanya yang beragam, dan museum-museumnya. Riga juga masuk sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

 

Hal lain yang perlu dicatat adalah bahwa Latvia mempunyai ekosistem alami. Separuh bagian dari negara Latvia merupakan ekosistem alami yang belum terjamah manusia. Pantai serta hutan di negara ini sebagian besar masih terlindungi keasliannya.

 

Latvia memiliki banyak taman nasional yang masih terjaga keasliannya. Empat di antaranya sangat indah, layak untuk dikunjungi. Taman-taman tersebut adalah Gauja National Park, Emeri National Park, Slitere National Park, dan Razna National Park.

 

Aglona Basilica

 

Salah satu bangunan bernilai seni tinggi di Latvia adalah Aglona Basilica. Gereja yang berdiri sejak tahun 1780 ini memiliki arsitektur yang indah. Di dalamnya terdapat berbagai lukisan dan pahatan yang menakjubkan.

 

Cape Kolka

 

Cape Kolka adalah tempat pertemuan antara dua perairan, yaitu Gulf of Riga dan Laut Baltik. Tempat ini merupakan lokasi favorit untuk berenang dan berselancar bagi para turis. Pada musim semi pengunjung juga bisa menyaksikan kawanan burung yang sedang bermigrasi.

Irbene Radio Astronomy Center

 

Irbene Radio Astronomy Center merupakan bangunan teleskop radio peninggalan zaman Perang Dingin. Bangunan ini merupakan teleskop radio terbesar nomor delapan di dunia. Dulunya dijadikan sarana untuk aktivitas mata-mata Uni Soviet. Tetapi sekarang sudah berubah fungsi menjadi sarana penelitian para astronom.

 

(Sumber: KBRI Stockholm)