Informasi Singkat tentang Makedonia

​Profil

Sistem Pemerintahan:​​Demokrasi Parlementer
Kepala Pemerintahan:Zoran Zaev (Sejak 31 Mei  2017)
Kepala Parlemen:n/a
Menteri Luar Negeri:Nikola Poposki (Sejak 28 Juli 2011)
Bahasa Nasional:Makedonia
Agama:Kristen Orthodoks
Hari Nasional:8 September 1991
Luas Wilayah :25.713 km²
Jumlah Penduduk:2.081.206 (World Bank, 2016)
Mata Uang:Macedonian Denar
GDP:US$ 10,9 miliar (World Bank, 2016)
Pendapatan Perkapita:US$ 4,980 (World Bank, 2016)
Pertumbuhan GDP:2% (World Bank, 2016)
Cadangan Devisa:US$ 2,96 milyar
Total Perdagangan Masuk:US$ 2.03 juta (Kemdag,2016)
Total Investasi Keluar:n/a
Total Wisatawan Keluar:n/a
Industri Unggulan:Tekstil, besi dan baja, pembangkit listrik, semen, bahan kimia dan obat-obatan
Perwakilan Bilateral:KBRI Sofia di Bulgaria dan Kedutaan Besar Makedonia di New Delhi, India
Komoditas Ekspor Utama:Bahan kimia, mesin, besi, baja, perangkat elektronik (Trade Map, 2015)
Komoditas Impor Utama:Mutiara, batu mulia, logam mulia, bahan bakar mineral, bahan bakar minyak (Trade Map, 2015)
Forum Bilateral:Forum Konsultasi Bilateral I RI-Makedonia Jakarta, 6-11 Juni 2007


Perjalanan ke Makedonia

Makedonia adalah salah satu negara yang memiliki situs perpaduan antara budaya dan  alam yang menjadi satu yang mana masuk menjadi salah satu negara dari 28 negara yang memiliki kategori tersebut di World Heritage.

Secara gografis Makedonia berda pada 42˚0 LU dan 21˚26 BT. Negara ini yang terletak di Semenanjung Balkan, Eropa Selatan. Negara ini berbatasan dengan Serbia di utara, Albania di barat, Yunani di selatan, dan Bulgaria di timur. Ibukota Makedonia adalah Skopje. Luas area total adalah 25,713 km2 dengan luas perairan sekitar 2% dari luas wilayah.

Bentuk negara Makedonia adalah Republik Parlementer dimana kepala negaranya adalah Presiden Gjorfe Ivanov dan kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri Zoran Zaev. Penduduk Makedonia hanyalah berkisar 2 juta orang dengan mayoritas penduduk beragama Kristen Ortodox sekitar 65%.

Negara ini memilik alam yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Selain itu juga terdapat bangunan-banguan bersejarah mulai dari bangunan yang dibangun sejak era Byzantium hingga pemerintahan sosialis Yugoslavia. Makedonia merupakan daerah rangkapan terbaru KBRI Sofia, Bulgaria sejak Maret 2016.

Estimasi rata-rata biaya hidup sehari-hari di Makedonia:

Murah              : Dorm bed €50 (sekitar Rp 790.000), beef kebab 180MKD (Rp 46.800), Skopje-Ohrid bus ticket 500MKD (sekitar Rp 130.000)

Menengah       : Double hotel room €30-45 (sekitar Rp 474.000-Rp 711.000), two-course meal 600-700MKD (sekitar Rp 156.000-Rp 182.000), one day hiking €50 (sekitar Rp 790.000)

Mahal              : Ultramodern hotel suite €100 (sekitar Rp 1.580.000). Five course meal with wine pairings 1800MKD (sekitar Rp 468.000), Skopje Airport taxi 1200MKD (sekitar Rp 312.000)

Untuk informasi lebih lanjut bisa membuka www.lonelyplanet.com

Mata Uang dan Alat Transaksi

Mata uang Makedonia adalah Makedonia Danar (MKD). Transaksi umumnya dilakukan dilakukan secara tunai, tapi kartu kredit dapat diterima di hotel-hotel dan toko-toko besar. ATM yang menerima kartu bank internasional juga semakin mudah ditemukan.

Untuk 1 Makedonia Danar     = ± Rp 260

Untuk 1 Euro                          = 62 MKD

Untuk 1 USD                          = 52 MKD

Syarat Keimigrasian

Bagi pemegang visa Schengen tipe C untuk beberapa kali kunjungan, Pemerintah Makedonia memberikan fasilitas bebas visa bagi pemegang visa multiple entry Schengen tipe C (dengan waktu minimal 5 hari sebelum masa berlaku visa berakhir) dan juga pemegang ijin tinggal permanen di negara-negara Uni Eropa atau negara-negara Schengen untuk masuk dan tinggal di Makedonia selama maksimal 15 (lima belas hari) setiap waktu kedatangan. Sedangkan jumlah maksimal untuk tinggal di Makedonia adalah 3 (tiga) bulan dari jangka waktu 6 (enam) bulan sejak waktu kedatangan. Selain itu. Untuk Warga Negara Indonesia yang memiliki paspor diplomatik maupun dinas, tidak membutuhkan visa untuk memasuki Makedonia. Perwakilan Makedonia di Indonesia dirangkap oleh Kedubes Republik Makedonia di New Delhi, India

Embassy of the Republic Makedonia in New Delhi

K-80, Hauz Khas Eclave New Delhi 110016

Telepon: (91-11) 46142603

 

Zona dan Perbedaan Waktu

Ketika di musim panas, selisih waktu antara Indonesia bagian barat dengan Makedonia adalah 5 jam (GMT+2) dimana waktu Indonesia bagian barat lebih dulu daripada Makedonia. Akan tetapi ketika di musim dingin sekitar bulan november sampai bulan maret berubah menjadi GMT+1.

Jenis Soket dan Colokan Listrik

Tipe F (dua kaki bulat) sama dengan Indonesia


City Tour

Skopje memiliki free walking tour, bagi yang ingin mengikuti tour tidak memerlukan reservasi sehingga hanya perlu untuk langsung datang di meeting point yang berlokasikan di pintu masuk Memorial House of Mother Teresa pada pukul 10 pagi. Durasi tour selama 3 jam. Informasi lebih lanjut dapat mengunjungi www.skopjewalks.com

Skopje Walking Tour / Sumber : tripadvisor.com

 

Telekomunikasi dan Koneksi Internet

Untuk tersambung dengan internet, tidak susah menemukan wi-fi di Makedonia. Informasi terkait free wi-fi, bisa mengunjungi wifispc.com/macedonia. Selain wi-fi, koneksi internet bisa didapatkan dengan membeli pre-paid card yang dapat ditemukan dengan mudah di toko operator maupun sales points. Ketika membeli pre-paid card, diharuskan untuk membawa kartu tanda pengenal (paspor) sebagai syarat untuk meregistrasi pre-paid card. Bagi yang memiliki SIM Card Eropa, perlu diingat bahwa Makedonia tidak menjadi bagian dari Uni Eropa yang mana terdapat peraturan roaming internasional terbaru sejak Juni 2017. Sehingga tarif roaming internasional kartu SIM card Eropa tidak diatur di Makedonia sehingga dianjurkan untuk membeli kartu SIM card Makedonia.

Transportasi

Ada beberapa alternatif transportasi di Makedonia seperti taksi, bis, dan kereta. Taksi terbilang tidak terlalu mahal, transportasi taksi di Makedonia menggunakan argo dengan biaya 40MKD/kilometer. Untuk menghindari dari penipuan, diharapkan untuk memastikan bahwa sopir taksi menghidupkan argometer. Selain taksi, bus menjadi salah satu transportasi yang digunakan. Bus di kawasan Skopje rata-rata hanya melayani perjalanan domestik saja. Kereta Makedonia dapat digunakan akan tetapi lebih lambat dibandingkan menggunakan transportasi umum seperti bis dan taksi. Makedonia merupakan negara yang relatif kecil sehingga tranportasi domestik antar kota melalui udara hampir tidak ada.

Beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi di Makedonia:

 

1. SkopjeSumber gambar : exploringmacedonia.com
2. Ohrid
Sumber gambar : exploringmacedonia.com

3.Pelister National Park, Bitola

Sumber gambar : exploringmacedonia.com

4. Stobi

 

Sumber gambar : exploringmacedonia.com

Keamanan berliburan

A.    Tingkat Keamanan: Sangat Tinggi

B.     Terorisme: Anda dihimbau untuk terus waspada menyusul banyaknya serangan terorisme di Eropa.

C.     Kriminalitas
Angka kriminalitas di Makedonia tergolong rendah. Pencopetan dan penjambretan seringkali terjadi di kota-kota besar dan bandara. Penipuan kartu kredit juga banyak terjadi di Makedonia.

D.    Kerusuhan Sipil / Ketegangan politik

Aksi protes dilaporkan terjadi di Skopje dan kota-kota besar lainnya seperti Bitola. Sebaiknya anda menjauhinya. Pemerintah Makedonia telah memberlakukan pengendalian lebih ketat di perbatasan di Gevgelija (Perbatasan dengan Yunani) dan Kumanovo (Perbatasan dengan Serbia) menyusul tingginya arus masuk para pencari suaka dan pengungsi. Anda dihimbau untuk tidak berpergian menggunakan kereta, terutama di jalur antara Geygelija dan Kumanovo, karena biasanya kereta akan sangat penuh.

Hukum

A.    Tindak Pidana

Setiap orang yang berbeda di wilayah Republik Makedonia, termasuk WNI, harus menghormati dan tunduk pada hukum dan peraturan setempat. Apabila Anda melanggar hukum dan peraturan setempat, Anda dapat dideportasi, ditangkap, atau ditahan oleh otoritas setempat

B.     Penangkapan dan Penahanan
Apabila Anda ditangkap atau ditahan oleh otoritas setempat lainnya, agar segera memberikan notifikasi terkait penangkapan atau penahanan anda kepada Perwakilan RI terdekat. Dalam hal Anda memutuskan untu tidak menggunakan hak pemberian notifikasi, maka Perwakilan RI tidak akan mengetahui perihal penangkapan atau penahanan Anda dan tidak dapat memberikan bantuan kekonsuleran yang diperlukan selama proses penangkapan atau penahanan Anda.

Kesehatan

Ketika berkunjung ke Makedonia, tidak diperlukan vaksin khusus akan tetapi, lebih baik untuk menggunjungi dokter 4-6 minggu sebelum keberangkatan untuk memastikan apakah memerlukan vaksin atau tidak dan meminta suntikan tetanus sebelum berpergian. Untuk berjaga-jaga apabila sakit selama di Makedonia dan diharuskan untuk membayar penuh untuk biaya perawatan, sehingga disarankan untuk mendaftarkan asuransi perjalanan sebelum melakukan perjalanan di Makedonia. Sangat jarang menemukan kutu di Makedonia, akan tetapi nyamuk dan kutu sering ditemukan pada pertengahan musim panas antara Juli dan Agustus dan akan lebih sering ditemukan di daerah pedesaan.

Untuk pemesanan penginapan, dapat dilakukan dengan melalui website www.booking.com untuk memesan tempat menginap secara mudah tanpa uang muka, walaupun ketika memesan diperlukan informasi kartu kredit. Infromasi kartu kredit tersebut hanya sebagai jaminan apabila Anda akan benar-benar menginap di penginapan tersebut. Biasanya apabila ingin membatalkan pemesanan, tidak dikenakan biaya pembatalan akan tetapi hal tersebut kembali dari peraturan tiap penginapan. Akan lebih baik untuk membaca segala fasilitas yang diberikan dan syarat-syarat apabila akan melakukan pembatalan sebelum melakukan pemesanan.

Di bawah ini merupakan emergency calls yang dapat dihubungi:

  1. 112 – SOS
  2. 192 – Kepolisian
  3. 193 – Pemadam Kebakaran
  4. 194 – Ambulans
  5. 196 – Bantuan di jalan
  6. Layanan konsuler:
  1. Honorary Consul of the Republic Indonesia to Republic Macedonia
    Mr. Sasko Kedev, MD, PhD, FESC, FACC
    Vodnjanska 17
    1000 Skopje, Macedonia
    Telp. +389 2 3113116
    Email: skedev@gmail.com

  2. Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Bulgaria, Albania, Macedonia
​Jalan Yosef Valdhard no. 5 (Simeonovsko Shosse) 1700 Sofia, Bulgaria.
Telp. +359 2 9625240
Hotline (24 jam): +359 876445416          
Email: kbrisofia@indonesia.bg; protkons@indonesia.bg.​

Kementerian Luar Negeri Indonesia telah membuat aplikasi berupa 'Safe Travel' yang dapat di-download di ponsel pintar Anda. Aplikasi tersebut memberikan informasi-informasi yang anda butuhkan terkait negara yang akan Anda kunjungi.