Ambassador for a Day

Dalam rangka meningkatkan citra Indonesia di negara akreditasi dan menyambut hari perempuan sedunia yang jatuh pada tanggal 8 Maret, KBRI Sofia bekerja sama dengan Kedutaan Inggris di Bulgaria dan yayasan amal For Our Children Foundation untuk menyelenggarakan Ambassador for a Day. Dalam kegiatan ini dipilih remaja perempuan Bulgaria mengenai apa yang akan mereka lakukan jika mereka menjadi Duta Besar dalam sehari.

Pada kegiatan ini telah terpilih siswi Bulgaria asal Plovdiv untuk KBRI Sofia, a.n Elena Staneva atas karya tulisnya di bidang sosial. Untuk anak seumur 15 tahun, yang bersangkutan sangat mumpuni dalam mengetahui masalah sosial yang ada di Bulgaria. Karya tulis yang bersangkutan mengenai sistem adopsi di Bulgaria mengantarkannya menjadi salah satu pemenang kompetisi Ambassador for a Day.

Sebagai bagian dari program kemenangan dalam Ambassador for a Day, pada tanggal 1 Maret 2019, Elena dan keluarganya datang ke KBRI dan Wisma RI untuk mengenal budaya, seni, dan kuliner indonesia lebih lanjut. Kebetulan pada saat kunjungan yang bersangkutan merupakan hari perayaan Baba Martha di Bulgaria. Yang bersangkutan, bersama KBRI juga melakukan kunjungan sosial ke Foster Care yang dikelola oleh For Our Children Foundation.

Pada saat kunjungan, KBRI juga baru mengetahui bahwa kakek Elena saat ini merupakan manajer Klub Sepak Bola Persija Jakarta, dan ibundanya juga pernah tinggal di Indonesia selama beberapa tahun ketika kakeknya melatih tim Indonesia.

Kegiatan Ambassador For a Day ini merupakan langkah nyata untuk perayaan hari perempuan internasional dalam bentuk mempersiapkan remaja-remaja perempuan untuk mempunyai visi kepemimpinan dan peran yang dapat mereka lalukan untuk masa depan Bulgaria yang lebih baik.