Pertemuan Koordinasi Antara Kementerian Luar Negeri Indonesia dengan Kementerian Urusan Eropa dan Luar Negeri Albania dan Kementerian Luar Negeri Makedonia, 26 dan 27 November 2018


Pada tanggal 26 November 2018, Pertemuan Koordinasi antara pejabat dari Kementerian Luar Negeri Indonesia dengan Kementerian Urusan Eropa dan Luar Negeri Albania telah dilaksanakan di Tirana, Albania. Pertemuan ini merupakan penjabaran dari Nota Kesepahaman antara kedua kementerian, yang telah ditandatangani pada tanggal 26 September 2016. Delegasi Indonesia dipimpin oleh Direktur Eropa 3, Bapak Ardian Wicaksono. Sedangkan Delegasi Albania dipimpin oleh Direktur Amerika, Asia dan Afrika, Duta Besar Kastriot Robo.

Pertemuan utamanya membahas mengenai perkembangan hubungan bilateral antara Indonesia dan Albania. Selain itu, pertemuan juga membahas mengenai kemungkinan peningkatan kerja sama di berbagai bidang, sekaligus pelaksanaan Forum Konsultasi Bilateral (FKB) Pertama di tahun 2019, dengan memanfaatkan momentum 25 tahun perayaan hubungan bilateral antara Indonesia dan Albania.

Selanjutnya, pada tanggal 27 November 2018, pertemuan koordinasi serupa juga dilaksanakan di Skopje, Makedonia, antara Kementerian Luar Negeri Indonesia dengan Kementerian Luar Negeri Makedonia, sesuai dengan Nota Kesepahaman antara kedua Kementerian, yang telah ditandatangani pada tanggal 7 Juni 2007, diikuti dengan FKB Pertama pada bulan yang sama di Jakarta. Delegasi Indonesia kembali dipimpin oleh Direktur Eropa 3, Bapak Ardian Wicaksono, sedangkan Delegasi Makedonia dipimpin oleh Asisten Direktur Urusan Amerika, Asia Timur dan Pasifik, Duta Besar Kornelija Utevska-Gligorovska.

Pertemuan membahas mengenai langkah-langkah konkret untuk mengembangkan dan meningkatkan perdagangan dan investasi kedua negara. Selain itu, pertemuan juga membahas mengenai rencana penyelenggaraan FKB ke-2 antara kedua belah pihak di tahun 2019.