Penanda Tanganan Memorandum Saling Pengertian Kota Kembar antara Semarang - Nanjing

Semarang dan Nanjing telah menandatangani Memorandum Saling Pengertian (MSP /MOU) Kota Kembar (Sister City).
MoU tersebut ditanda tangani langsung oleh Walikota Nanjing, Lan Shaomin dan Walikota Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

MoU ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan antara Nanjing dan  Semarang dalam pariwisata, seni, budaya dan peningkatan SDM. Nantinya juga diharapkan dapat meningkatkan hubungan ekonomi kedua kota. Walikota Semarang berharap dalam hal pariwisata dapat meningkatkan jumlah wisatawan dari Tiongkok dan Nanjing ke Semarang.

Nanjing saat ini juga menjadi salah satu lokasi favorit pelajar Indonesia yang menempuh pendidikan tinggi  di RRT. Lebih dari 800 mahasiswa Indonesia menempuh ilmu di Nanjing. Diharapkan nantinya juga lebih banyak pejalar dari Indonesia dapat menempuh pendidikan tinggi di Nanjing melalui skema beasiswa pemerintah..
MOU ini juga sejalan dengan promosikan Belt and Road Initiative dari pemerintah RRT. Semarang sebagai salah satu  kota dengan pelabuhan terbersar di Indonesia diharapkan dapat mendukung BRI tersebut.

Sebelum penandatanganan, Walikota Nanjing juga menjabarkan secara singkat terkait situasi kota Nanjing. Sementara Walikota Semarang menyampaikan harapannya untuk membangun hubungan persahabatan dan lebih mempromosikan dua persahabatan, memperluas kerjasama dan meneruskan pembangunan.