Gemufamire Goyang Oriental Pearl Tower Shanghai

Gemufamire menggoyang pengunjung di Oriental Pearl Tower (OPT) Plaza, Shanghai dalam kegiatan “Indonesia Festival" (InaFest) pada tanggal 4 – 6 Mei 2018, yang merupakan rangkaian acara "Indonesia Week" (Inaweek) yang berlangsung sampai tanggal 13 Mei 2018.


Kegiatan Inafest 2018 dibuka oleh Duta Besar RI untuk Republik Rakyat Tiongkok Bapak Djauhari Oratmangun, bersama Konsul Jenderal RI di Shanghai, Ibu Siti Nugraha Mauludiah dengan menggoyangkan angklung bersama-sama dengan perwakilan dari KADIN di Tiongkok, Kementerian Pariwisata, Bank Mandiri dan Garuda Indonesia pada tanggal 4 Mei 2018.

           

Dalam sambutannya, Dubes RI menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari Indonesia in-cooperated, karena terselenggara atas kerja sama yang baik antara seluruh elemen Indonesia di Shanghai,  baik pemerintah, perusahaan, komunitas, mahasiswa  dan masyarakat Indonesia.


Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Shanghai, Kedutaan Besar RI di Beijing dan Kamar Dagang Indonesia di Tiongkok yang berkolaborasi dalam penyelenggaraan promosi Pariwisata, Produk dan Budaya ini juga didukung oleh Kementerian Pariwisata, Kementerian Perdagangan, Bank Mandiri, BNI,  Garuda Indonesia, dan Antara.

 

Meskipun sempat hujan , Inafest 2018 berjalan dengan lancer dan tetap dipenuhi oleh pengunjung. Antrean para pengunjung terlihat di tiga pintu utama OPT sejak pukul 10.00 waktu setempat (09.00 WIB). Peragaan busana Batik dari Batik Chic dan desain modern dari DKI Jakarta yang ada dalam rangkaian menarik minat banyak para pengunjung terutama kaum wanita dan fashionista di Shanghai.

 

Selain itu penampilan tarian dari Sanggar Mawar Budaya DKI Jakarta, Kementerian Pariwisata, Sanggar Angklung Abinawa Shanghai, Paduan Suara Alumni Universitas Padjajaran serta penampilan mahasiswa Indonesia di Shanghai dan Wuxi  mendapatkan apresiasi tinggi dari pengunjung. Beberapa kegiatan lain, seperti permainan dan kesenian tradisional juga digelar di lapangan terbuka OPT. Diperkirakan Indonesia Festival 2018 menarik lebih dari 50.000 pengunjung, jauh diatas jumlah pengunjung tahun sebelumnya di lokasi yang sama.

 

Menteri Pariwisata Arief Yahya yang hadir di hari penutupan InaFest menyampaikan bahwa kegiatan ini efektif untuk lebih memperkenalkan pariwisata Indonesia di China. Menpar berharap adanya paket harga khusus dari penerbangan Garuda Indonesia dari China menuju Indonesia dapat menarik lebih banyak wisatawan Tiongkok.

 

 

KJRI Shanghai

Photo: Lensa dan Pena