10 Jurus Selamat Kerja di Korea

9/28/2017

​Hal yang HARUS dilakukan di Korea

1. Download "m-kbri" di handphone Anda! Disini Anda dapat lapor diri, nomor telepon KBRI Seoul, informasi lokasi KBRI Seoul dan lain-lain.

2. Simpan selalu fotokopi paspor dan fotokopi ID card Anda di tempat yang aman.

3. Baca Kontrak kerja Anda dan pahami isinya.

4. Patuhi peraturan dan norma hukum yang berlkau di Korea.

5. Saling menghormati dan menghargai antara sesama WNI.

6. Bila ada permasalahan kerja (termasuk gaji), laporkan segera kepada KBRI Seoul, Shelter atau Pusat Bantuan Tenaga Kerja Asing di daerah terdekat Anda.

7. Patuhi aturan dalam perusahaan dan jangan membantah atasan.

8. Belajar dan perdalam bahasa Korea, terutama istilah-istilah yang terkait dengan pekerjaan Anda.

9. Jagalah kesehatan dengan makan teratur dan tidur yang cukup.

10. Bila Anda ingin beribadah, jelaskan dan beri pengertian kepada majikan. Bila mendapat ijin, gunakan waktu dengan baik, jangan berlama-lama dan segera bekerja lagi.


Hal yang DILARANG dilakukan di Korea

1. Jangan pernah "Kabur" dari tempat kerja atau pindah kerja kecuali atas persetujuan atasan. Jika dilanggar, maka Anda dapat menjadi illegal ("swasta")​.

2. Jangan pernah absen kerja selama 3 hari berturut-turut tanpa pemberitahuan atau melakukan mogok kerja. Anda bisa dilaporkan ke imigrasi dan menjadi illegal ("swasta").

3. Jangan menandatangani surat/dokumen apapun dalam bahasa Korea, bila tidak mengetahui dengan jelas apa isi dari surat/dokumen tersebut. MIntalah waktu untuk menanyakan pada penterjemah yang Anda kenal.

4. Jangan sembarangan mengambil foto orang Korea, mereka tidak suka wajah mereka difoto dan di-upload. Bila mau foto minta ijin dulu.

5. Jangan sekali-sekali menyentuh atau melakukan pelecehan terhadap orang lain, atau melakukan gerakan-gerakan yang mengganggu orang lain atau penumpang lain di dalam transportasi umum.

6. Jangan mengendarai kendaraan tanpa SIM (sesuai dengan peruntukannya), atau meminjam mobil orang lain. Perlu diingat: SIM Indonesia/Internasional tidak berlaku di Korea.

7. Jangan berbicara atau mendengarkan musik keras-keras dalam subway (kereta) atau kendaraan umum lainnya.

8. Jangan begadang dan minum minuman keras.

9. Jangan pernah berkelahi, bisa masuk penjara dan KBRI tidak bisa banyak membantu.

10. Hindari semua hal yang berbau radikalisme/terorisme. Hanya mengupload lambang gerakan teroris bisa dideportasi.