Deklarasi Persahabatan Indonesia – Korea Hadirkan Dua Duta Besar Kedua Negara

​Asosiasi Persahabatan Indonesia-Korea (Indonesia - Korea Friendship Association/IKFA) dideklarasikan di Jakarta pada Kamis (14/3). Deklarasi dihadiri juga oleh Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Umar Hadi dan Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-beom.


Deklarasi dibacakan seusai pelantikan pengurus baru IKFA periode 2019-2024 yang berhasil mendudukkan Pengusaha Adhi Wargono sebagai Ketua Umum. IKFA sendiri didirikan sejak tahun 2005. Sama seperti di Indonesia, di Korea juga terdapat Korea-Indonesia Friendship Association(KIFA). IKFA dan KIFA diharapkan dapat berkolaborasi dan bersinergi untuk meningkatkan hubungan Indonesia dan Korea.  Hal ini senada dengan yang disampaikan Dubes RI. ”IKFA dapat membantu mengisi kerja sama dalam hubungan Indonesia dan Korea Selatan yang telah meningkat menjadi special strategic partnership, terutama di bidang people-to-people contact,” ungkap Dubes.  


Lebih lanjut Dubes RI juga menyampaikan potensi kolaborasi dengan Kampung Korea, inisiatif KBRI Seoul dalam membina pekerja migran indonesia yang telah menyelesaikan kontraknya di Korea. 

Sejalan dengan Dubes RI, Dubes Korsel untuk Indonesia juga menyampaikan bahwa Indonesia adalah teman sejati dan sehati bagi Korea. “Untuk itu peran IKFA dalam memperkuat hubungan kedua negara ke depannya sangat diperlukan,” tutur Dubes Kim. 

Dekalarasi IKFA bertujuan untuk merevitalisasi visi IKFA, yaitu mempererat hubungan bilateral antara negara Indonesia dan Korea Selatan dengan menjadi solutions provider yang membantu menjembatani kebutuhan di tingkat internasional, nasional dan regional. 

Selain dihadiri kedua Duta Besar, Deklarasi IKFA juga dihadari oleh kalangan bisnis, dan pengurus IKFA. Susunan pengurus Indonesia Korea Friendship Assosiation (IKFA) 2019-2025 terdiri atas Dewan Pengarah: Prof. Dr. Rokhmin Dahuri,  Nick T. Dammen, Geunhyo An, Yi Sun Hyeong dan Darmawan Djayusman. Dewan Pengurus yang terdiri dari  Ketua Umum: Adhi Wargono, Wakil Ketua Umum : Jimmy Berlian Sutopo. Sekretaris Jenderal : Danang Girindrawardana, Wakil Sekjen : Ratna Renggogeni.

Sementara itu Ketua bidang Kreatif & Entertainment  dijabat oleh : Rina Novita, Ketua Bidang Pendidikan: Irman Alfian Zahiruddin, Ketua bidang Business  Development: Christopher Winata dan Yudian Alkatsyah, Ketua Bidang Art & Culture: Dr. Harry Darsono Ph.D, dan Ketua Bidang Olahraga: Kesit B. Handoyo, Ketua Bidang Hubungan dan Penerjemah: Hur Young Soon. (KBRI Seoul)