Pengumuman Warung Konsuler KJRI San Francisco di Oregon, Portland, November 2018

10/25/2018

WARUNG KONSULER

KJRI SAN FRANCISCO

OREGON, PORTLAND, 17-18 NOVEMBER 2018


Kepada

Yth.Ibu/Bapak, Masyarakat Indonesia

di Oregon

 

KJRI San Francisco akan melaksanakan Warung Konsuler untuk Pelayanan Kekonsuleran dan Keimigrasian di wilayah kerja KJRI San Francisco. Warung Konsuler KJRI San Francisco di Oregon akan difokuskan pada Pelayanan Pembuatan Paspor RI sesuai dengan Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) secara “MOBILE" dan Sosialisasi PORTAL Pelayanan dan Perlindungan WNI di Luar Negeri bagi Warga Negara Indonesia dan Masyarakat Indonesia di Oregon. Pelaksanaan Warung Konsuler dan akan dilaksanakan pada :        


Hari Sabtu, 17 November 2018 dan Hari Minggu, 18 November 2018

(tempat dan waktu Pelaksanaan Warung Konsuler di Portland  akan diumumkan kemudian dalam kesempatan pertama)


Dalam Warung Konsuler ini, KJRI San Francisco hanya akan memberikan pelayanan berupa Pembuatan Paspor RI Baru dengan menggunakan SIMKIM, konsultasi permasalahan imigrasi/kekonsuleran.sesuai dengan Sistem Keimigrasian Indonesia (SIMKIM) dan Sosialisasi mengenai PORTAL Pelayanan dan Perlindungan WNI di Luar Negeri.


PERSYARATAN yang harus dilampirkan oleh pemohon Paspor RI adalah sebagai berikut:


A.       Penggantian Paspor Habis Masa Berlaku/Rusak/Halaman Paspor Penuh

1.    Mengisi formulir permohonan paspor baru yg dapat diunduh di : https://www.kemlu.go.id/sanfrancisco/Documents

2.    Formulir yang telah diisi lengkap, dikirim ke KJRI San Francisco beserta dokumen pendukung yang terdiri dari :

  • Paspor yang akan berakhir
  • Bukti ijin tinggal (visa AS / stempel imigrasi / Permanent Residence Card) dicopy bewarna pada kertas A4/letter dan dilegalisasi oleh notaris umum
  • Bukti domisili (Local Non-Driver ID / Driver's License / Bank Statement / Utility Bills / Lease Agreement/I-20 (bagi pelajar)) dicopy bewarna pada kertas ukuran A4/letter
  • Bagi yang tidak memiliki bukti domisili mohon agar mengisi formulir surat pernyataan , dapat diunduh di https://www.kemlu.go.id/sanfrancisco/Document

3.    Biaya pembuatan paspor sebesar $35 ($30 untuk biaya paspor, $5 untuk biaya biometrik) dalam bentuk money order, company's check atau cashier's check (payable to: Indonesian Consulate)

B.       Penggantian Paspor Hilang bagi WNI yang berdomisili di wilayah kerja KJRI San Francisco

1.    Mengisi formulir permohonan paspor baru yang dapat diunduh di : https://www.kemlu.go.id/sanfrancisco/Documents

2.    Mengisi Berita Acara Pemeriksaan yang dapat diunduh di : https://www.kemlu.go.id/sanfrancisco/Documents

3.    Formulir dan Berita Acara yang telah diisi lengkap, dikirim ke KJRI San Francisco dengan melampirkan dokumen :

  • Surat keterangan kehilangan paspor dari Kepolisian (asli).
  • Bukti ijin tinggal (visa AS / stempel imigrasi / Permanent Residence Card) dicopy bewarna pada kertas A4/letter dan dilegalisasi oleh notaris umum.
  • Bukti domisili (Local Non-Driver ID / Driver's License / Bank Statement / Utility Bills / Lease Agreement/I-20 (bagi pelajar)) dicopy bewarna pada kertas ukuran A4/letter.

4.    Harap juga melampirkan fotokopi (pada kertas ukuran A4/letter):

  • Paspor yang hilang.
  • Akta kelahiran.
  • Kartu keluarga / KTP / Ijazah.

5.    Biaya pembuatan Paspor Hilang sebesar $65 ($60 untuk biaya penggantian Paspor hilang, $5 untuk biaya biometrik) dalam bentuk money order, company's check atau cashier's check (payable to: Indonesian Consulate).


C.          Penerbitan paspor bagi anak yang lahir di Amerika Serikat

Permohonan Pembuatan Paspor RI dapat diterbitkan bagi anak WNI yang lahir di Amerika Serikat setelah 1 Agustus 2006. Bagi anak WNI yang lahir di Amerika Serikat sebelum      1 Agustus 2006 harus menunjukkan bukti pendaftaran anak berkewarganegaraan ganda, dengan melampirkan persyaratan sebagai berikut : 

    1. Mengisi Formulir Data Diri yang dapat diunduh di : https://www.kemlu.go.id/sanfrancisco/Documents
       
    2. Melampirkan fotokopi bewarna (pada kertas ukuran A4/letter):
  • Akta kelahiran anak yang dikeluarkan oleh Perwakilan RI
  • Akta perkawinan / buku nikah orang tua
  • Paspor AS anak (jika memiliki paspor non-RI)
  • Paspor kedua orang tua
  • Bukti ijin tinggal orang tua (visa AS / stempel imigrasi / Permanent Residence Card)
  • Bukti domisili (Local Non-Driver ID / Driver's License / Bank Statement / Utility Bills / Lease Agreement/I-20 (bagi pelajar)

                3. Biaya Pembuatan Paspor sebesar $35 ($30 untuk biaya paspor, $5 untuk biaya biometrik) dalam bentuk money order, company's check atau cashier's check (payable to: Indonesian Consulate).


CATATAN :

  1. Seluruh Dokumen dan Biaya yang diperlukan untuk penerbitan Paspor RI dalam Pelayanan Warung Konsuler (sebagaimana tersebut di atas) harap dikirim melalui Pos Tercatat/Kurir kepada : KJRI San Francisco, Attn.: Bagian Konsuler, 1111 Columbus Avenue, San Francisco, CA 94133. Harap dicantumkan juga Amplop lengkap dengan biaya kirimnya guna pengiriman dokumen kembali kepada Pemohon setelah Paspor selesai dicetak oleh KJRI San Francisco.
     
  2. Dokumen yang tidak kami terima sampai dengan per Rabu, 14 November 2018 (H-3 dari Hari Pelaksanaan), maka Permohonan Pembuatan Paspor RI tidak dapat dilayani melalui Warung Konsuler. KJRI San Francisco tidak dapat melayani Pemohon/Aplikan Pembuatan Paspor yang “WALK IN" saat pelaksanaan Warung Konsuler.


KJRI San Francisco akan menentukan siapa saja Pemohon/Aplikan yang akan dilayani pada Warung Konsuler di hari Sabtu, 19 November 2018 dan siapa saja yang akan dilayani pada hari Minggu, 18 November 2018 melalui Pengumuman di website KJRI San Francisco, Facebook KJRI San Francisco dan Twitter KJRI San Francisco.


PERHATIAN

1.  Warung Konsuler untuk Pembuatan Paspor RI ini dibatasi hanya untuk 60 (enam puluh) orang Pemohon/Aplikan.

2.  Untuk pembuatan Paspor, Pemohon/Aplikan harus mengirimkan scan/photo dan seluruh dokumen persyaratan serta Biaya Pembuatan Paspor ke alamat : KONSULAT JENDERAL REPUBLIK INDONESIA SAN FRANCISCO, Attn. : BAGIAN KONSULER, 1111 Columbus Avenue, San Francisco, California, 94133.

3.  Seluruh dokumen persyaratan akan dimasukkan ke dalam Sistem Keimigrasian Indonesia (SIM-KIM) di Jakarta melalui peralatan yang ada di KJRI San Francisco.

4.  Apabila dokumen tidak kami terima via Pos Tercatat/Kurir pada Rabu, 14 November 2018 (H-3 dari Hari Pelaksanaan), maka Permohonan Pembuatan Paspor RI tidak dapat dilayani melalui Warung Konsuler.

5.  KJRI San Francisco tidak dapat melayani Pemohon/Aplikan Pembuatan Paspor yang “WALK IN" saat pelaksanaan Warung Konsuler.

6.  Harap para Pemohon/Aplikan Pembuatan Paspor RI melalui Warung Konsuer di Portland ini untuk selalu memantau melalui website KJRI San Francisco, Facebook KJRI San Francisco dan Twitter KJRI San Francisco untuk PENGUMUMAN lebih lanjut.


Website: www.kemlu.go.id/sanfrancisco

Email: konsuler@kjrisfo.net

Telp: 415 474 9571 (Senin s.d. Jumat, 9.30 AM – 5.00 PM)

 

Demikian disampaikan, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Fungsi Protokol dan Konsuler

Konsulat Jenderal Republik Indonesia

San Francisco