Presentasi ”Indonesia: Recent Developments” di Los Altos, California

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada hari Senin, 26 Maret 2012, bertempat di Perpustakaan Kota Los Altos, California, Konjen RI San Francisco didampingi Konsul Pensosbud memenuhi undangan Mr. Ralph Kuiper, Ketua Peninsula Chapter dari World Affairs Council of Northern, melakukan presentasi mengenai perkembangan terkini Indonesia, di forum Great Decisions Discussion Group (GDDG).

Dalam pembukaannya, Konjen RI menyampaikan perkembangan mengenai kehidupan politik, sosial/budaya, pertumbuhan ekonomi dan investasi di Indonesia. secara umum. Selain itu juga disinggung tentang peran Indonesia dalam kerjasama bilateral, regional dan forum multilateral dalam penanganan berbagai isu global.

Presentasi yang berjudul ”Indonesia: Recent Development” terdiri dari 3 bagian. Bagian pertama memaparkan letak geografis Indonesia, perbandingan luas wilayah dan populasi RI – AS, keberagaman suku budaya RI, toleransi kehidupan beragama di Indonesia. Bagian kedua memaparkan perkembangan ekonomi RI, komoditas unggulan Indonesia, potensi kerjasama ekonomi yang bahannya diambil dari Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2012 – 2025. Bagian terakhir memaparkan Kemitraan Komprehensif RI-AS termasuk diantaranya Rekor Dunia Memainkan Angklung dan penyelenggaraan American Batik Design Competition (ABDC).

Dalam sesi tanya jawab, terlihat antusiasme yang sangat tinggi dari para peserta diskusi, dengan mengajukan pertanyaan mengenai perkembangan demokrasi dan kehidupan beragama di Indonesia saat ini, penanganan masalah korupsi, perkembangan pertumbuhan ekonomi/investasi dan pariwisata. Beberapa di antaranya secara khusus menanyakan tentang upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulangan kerusakan lingkungan hidup, termasuk isu penanganan perubahan iklim global.

Para peserta terkesan dengan perkembangan kehidupan sosial/politik di Indonesia dan dengan kemajuan dan pertumbuhan ekonomi/investasi yang dicapai Indonesia saat ini. Pada kesempatan itu pula, KJRI San Francisco menyatakan komitmen kuat Pemerintah RI untuk menegakkan hukum dan reformasi birokrasi. Khusus mengenai lingkungan hidup dan perubahan iklim, Konjen RI San Francisco menyampaikan komitmen kuat RI untuk mengurangi emisi sampai 26% atas usaha sendiri dan 40% jika ada bantuan dari pihak internasional dan mengharap pihak AS juga mempunyai komitmen yang sama.