Partisipasi KJRI San Francisco dalam International Speaker Series di Northern California WTC

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 9 Februari 2012, KJRI San Francisco dan ITPC LA telah menjadi pembicara dalam acara International Speaker Series. Acara seperti ini merupakan acara rutin yang diselenggarakan oleh NCWTC dengan mengundang pembicara dari berbagai negara yang menjadi mitra dagang stategis AS dengan tujuan untuk meningkatkan perdagangan internasional antara negara. 

 

Dalam kesempatan tersebut Konsul Jenderal RI San Francisco memberikan kata pembuka dengan penekanan pada hubungan perdagangan Indonesia dan Amerika Serikat, khususnya dengan California.  Pemberlakuan ASEAN Economy Integration pada tahun 2015 mendatang dimana jumlah penduduk yang terintegrasi dalam ASEAN akan mencapai kurang lebih 600 juta orang. Oleh sebab itu saat ini adalah waktu yang paling tepat untuk melakukan bisnis di Indonesia seperti dalam kegiatan manufacturing berbagai produk, termasuk produk-produk ramah lingkungan. Sementara itu, PF Ekonomi KJRI San Francisco menjelaskan mengenai tugas, fungsi dan pelayanan yang disediakan Fungsi Ekonomi kepada masyarakat bisnis AS. Dijelaskan pula perkembangan makro ekonomi Indonesia terkini dan prediksi perekonomian Indonesia tahun 2012-2013 serta kondisi investasi di Indonesia, termasuk diperolehnya credit rating dan investment grade dari Standard & Poor’s, Fitch, dan Moody. Disamping itu, diinformasikan pula tentang Masterplan Indonesia tahun 2011-2025 (MP3EI) untuk mempercepat dan memperluas pertumbuhan ekonomi di Indonesia dengan pusat-pusat kegiatan ekonomi di 6 (enam) koridor.

 

Kepala ITPC LA, membuka presentasinya dengan pandangan AS yang semakin baik terhadap Indonesia dengan ilustrasi film “Eat, Pray, and Love”. Selanjutnya dipaparkan tentang perkembangan terkini perdagangan Indonesia dengan AS, khususnya California dalam bidang ekspor dan impor. Disampaikan pula informasi mengenai  produk-produk ekspor unggulan Indonesia serta beberapa expo besar di Indonesia yang sangat baik untuk dikunjungi oleh para pebisnis dari AS.

 

Partisipasi Indonesia dalam acara International Speaker Series  telah mendapatkan apresiasi yang baik dari pihak penyelenggara maupun para peserta.