Merah Putih Berkibar di Langit Biru Balai Kota San Francisco

8/17/2013

 

?Bendera Merah Putih kembali berkibar di Kantor Walikota San Francisco pada hari Jumat, tanggal 16 Agustus 2013, pukul 10.00 pagi setempat. Acara dipimpin oleh Mr. Mark Chandler, Director of International Trade and Commerce dari Kantor Walikota San Francisco yang mewakili Walikota San Francisco, Edwin M. Lee.

Konjen RI San Francisco hadir beserta staf, Darma Wanita Persatuan KJRI San Francisco, wartawan media Indonesia “Kabari” serta tokoh masyarakat, mahasiswa dan professional dan friends of Indonesia di San Francisco Bay Area.
 
Setelah pengibaran Bendera Merah Putih, Mr. Chandler menyampaikan Piagam Proklamasi yang menyatakan bahwa tanggal 17 Agustus 2013 adalah Indonesian-American Friendship and Heritage Day di San Francisco. Penyerahan Piagam kepada Konjen RI dilakukan di International Room, San Francisco City Hall. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Mr. Mark Chandler dan Konjen RI, yang kemudian ditutup dengan pemberian kenang-kenangan kepada Kantor Walikota San Francisco, berupa miniatur Candi Borobudur yang terbuat dari perak.
 
Mr. Mark Chandler menyatakan bahwa KJRI San Francisco dan komunitas Indonesia yang tinggal di Bay Area menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kota San Francisco sebagai pusat kebudayaan internasional, perdagangan dan pariwisata. Untuk itu, ia menyatakan terima kasih kepada Konsul Jenderal Republik Indonesia di San Francisco atas upaya dan kerjasamanya meningkatkan dan memfasilitasi hubungan Indonesia-AS melalui kota San Francisco.
 
Konjen RI dalam sambutan balasannya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Walikota San Francisco beserta staf dan seluruh jajarannya, yang setiap tahun menyelenggarakan acara pengibaran Bendera Merah Putih di Kantor Walikota San Francisco. Bagi Indonesia, pengibaran bendera Merah Putih pada setiap tanggal 17 Agustus merupakan puncak perayaan kemerdekaan Indonesia, yang merupakan salah satu wujud dan upaya meningkatkan nasionalisme bagi generasi muda Indonesia. Selain itu, Konjen RI juga menyampaikan rasa bangganya bahwa warga Indonesia telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari wajah kota San Francisco yang multi-etnik dan multi-rasial. Hubungan bilateral Indonesia-Amerika tidak lagi hanya pada tataran government-to-government, tetapi juga telah banyak melibatkan hubungan people-to-people dan business-to-business.
 
 
KJRI San Francisco, 16 Agustus 2013