Legalisasi

​​

LEGALISASI

 

  • Pelayanan legalisasi oleh Perwakilan RI merupakan pengesahan atas keaslian tanda tangan dan cap pada suatu dokumen resmi yang akan digunakan di Indonesia maupun di Amerika Serikat.
  • Pada lembar dokumen yang dilegalisasi akan dibubuhkan stempel yang menjelaskan bahwa dokumen tersebut sesuai dengan naskah asli.
  • Perwakilan RI tidak bertanggung jawab atas isi dokumen yang dilegalisasi.
  • Jika seluruh berkas dan persyaratan lengkap, lama waktu pengurusan aplikasi adalah maksimum 3 (tiga) hari kerja.
  • Setiap pengajuan pelayanan melalui pos HARUS dilengkapi dengan amplop berbayar yang telah dilengkapi dengan alamat tujuan (dengan tracking number) untuk pengembalian.

     

    Jenis dokumen yang dapat dilegalisasi:
  1. Surat Kuasa / Surat Pernyataan / Surat Persetujuan / Surat Keterangan
  2. Terjemahan Dokumen (Akta Kelahiran / Surat Keterangan Kematian / Akta Nikah / Akta Cerai / Ijazah / SIM / KTP / Surat Keterangan Kelakuan Baik)
  3. Salinan Dokumen
  4. Daftar Barang Pindahan

     

    Catatan:

     
  • Seluruh dokumen asing yang dimohonkan untuk dilegalisasi melalui KJRI harus mendapatkan legalisasi terlebih dahulu oleh Secretary of State dari negara bagian terkait sebelum diajukan ke KJRI San Francisco.

     
A.    SURAT KUASA ATAU SURAT PERNYATAAN ATAU SURAT PERSETUJUAN ATAU SURAT KETERANGAN 

 

SYARAT:

  1. Paspor asli
  2. Bukti ijin tinggal asli (visa AS / stempel imigrasi / Permanent Residence Card)
  3. Bukti domisili asli (Non-Driver ID / Driver's License / Bank Statement / Utility Bills / Lease Agreement / Letter of Intent bagi pelajar yang tinggal asrama)
  4. Dokumen yang akan dilegalisasi harap diketik rapi. Dokumen yang ditulis tangan tidak dapt diproses.
  5. Dokumen harus mencantumkan nama pemohon sesuai paspor, nomor paspor dan alamat di Amerika Serikat.
  6. Dokumen harus ditandatangani di hadapan petugas konsuler. Dokumen yang dikirim melalui pos dan telah ditandatangani harus dilegalisasi oleh kantor notaris di Amerika Serikat.
  7. Untuk surat yang menggunakan materai, tanda tangan pemohon harus menyentuh materai
  8.  

     
B.     TERJEMAHAN DOKUMEN

SYARAT:

  • Dokumen yang telah diterjemahkan harus diketik rapi, bukan tulisan tangan
  • Terjemahan dokumen harus sesuai aslinya (tidak boleh ditambahi maupun dikurangi satu kata pun). Untuk kata yang mengandung ejaan yang disempurnakan, kata tersebut dapat diubah selama tetap sesuai dengan aslinya.
  • Apabila menggunakan materai, sebagian tanda tangan harus tertulis di atas materai.

  •  
C.     SALINAN DOKUMEN

SYARAT:

  • Paspor asli
  • Kartu identitas / Permanent Residence Card / driver's license / bank statement / utility bills asli
  • Dokumen asli dari salinan dokumen yang akan dilegalisasi
  • Fotokopi dokumen yang akan dilegalisasi


  •  
D.    DAFTAR BARANG PINDAHAN

 

 
  • Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 28/PMK.04/2008 tentang Pembebasan Bea Masuk atas Impor Barang Pindahan, KJRI San Francisco dapat melegalisasi daftar barang pindahan dan menerbitkan surat keterangan barang pindahan sebagai salah satu syarat pembebasan bea masuk atas impor barang pindahan. Definisi barang pindahan: barang-barang keperluan rumah tangga milik orang yang semula berdomisili di luar negeri, kemudian dibawa pindah ke dalam negeri. Pembebasan bea masuk tidak berlaku terhadap barang pindahan yang dikategorikan sebagai barang dagangan atau kendaraan bermotor. Barang pindahan dimaksud harus tiba bersama-sama pemilik yang bersangkutan atau paling lama 3 (tiga) bulan sesudah atau sebelum pemilik barang yang bersangkutan tiba di Indonesia.

     

    Pembebasan bea masuk barang pindahan dapat diberikan kepada :
  1. PNS, anggota TNI atau Polri (berada di AS minimal setahun, dibuktikan dengan SK penempatan dan penarikan / SK tugas belajar dari instansi terkait)
  2. Pelajar dan mahasiswa (berada di AS minimal setahun, dibuktikan dengan surat keterangan dari sekolah/kampus)
  3. WNI yang bekerja di AS (minimal setahun secara terus menerus, dibuktikan dengan surat keterangan dari lembaga terkait) 
  4. WNA yang karena pekerjaannya pindah ke wilayah Indonesia

     

    SYARAT:
  • Mengirimkan surat permohonan berisi alasan pengajuan legalisasi, data diri lengkap sesuai paspor, informasi alamat di AS dan alamat di Indonesia, tanggal tiba di AS dan tanggal kepulangan dari AS. (Formulir dapat diunduh disini)
  • Melampirkan:
  1. Daftar barang pindahan dari perusahaan pengiriman barang
  2. Paspor asli dan fotokopi
  3. Fotokopi tiket pesawat


  •  

    CATATAN:
  • Setelah seluruh dokumen dilegalisasi Perwakilan RI, pemilik barang atau kuasanya harus menyampaikan Pemberitahuan Pabean Impor ke Kantor pabean tempat pemasukan barang pindahan dengan melampirkan daftar barang pindahan dan surat keterangan barang pindahan yang telah dilegalisasi, surat keterangan dari instansi/lembaga terkait, dan fotokopi paspor.

     ​