Asian Heritage Street Celebration 2012

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

KJRI San Francisco dalam melakukan promosi kebudayaan dan pariwisata Indonesia di San Francisco- Bay Area yaitu dengan berpartisipasi dalam acara 8th Annual Asian Heritage Street Celebration yang telah berlangsung di San Francisco pada tanggal 19 Mei 2012. Acara tersebut diselenggarakan oleh Asian Week Foundation, setiap tahunnya acara ini diperkirakan dihadiri oleh sekitar 100.000 orang. Banyak organisasi kemasyarakatan, usaha kecil hingga korporasi besar yang memanfaatkan acara ini untuk melakukan penggalangan, promosi, maupun melakukan pelayanan kesehatan. Acara ini juga dimanfaatkan oleh para penjual makanan, aksesoris, apparel, dll untuk menjajakan dagangan mereka. Informasi lebih lengkap dapat diperoleh melalui situs http://asianfairsf.com/.

Acara diawali dengan parade di sekeliling City Hall San Francisco. Berkolaborasi dengan mahasiswa dan masyarakat Indonesia, KJRI San Francisco turut berpartisipasi dalam parade tersebut dengan menampilkan baju tradisional beberapa daerah di Indonesia. KJRI San Francisco membuka 1 booth bernuansa Indonesia, yang dihiasi oleh kain khas Bali dan wayang golek. Dalam booth Indonesia dipamerkan dan dibagikan brosur serta CD promosi pariwisata-ekonomi kepada pengunjung booth.

Di acara panggung kesenian, Indonesia mendukung penampilan dua tarian yaitu Tari Bali yang dibawakan oleh grup Gadung Kasturi dan Tari Merak yang dibawakan oleh keluarga KJRI San Francisco. Kedua tarian tersebut mendapat sambutan yang antusias dari para penonton. Booth Indonesia mendapatkan banyak pengunjung. Ada beberapa pengunjung yang sudah berencana untuk berwisata ke Indonesia. Mereka sangat antusias mendapatkan brosur maupun CD informasi mengenai pariwisata dan keadaan ekonomi Indonesia.