Bertemu Parlemen Italia, Wakil Ketua MPR RI Komitmen Tingkatkan Kerja Sama Kedua Negara


Dalam rangka membahas penguatan kerja sama antarparlemen RI-Italia, Wakil Ketua MPR RI, Dr. Muhaimin Iskandar beserta Delegasi terdiri dari lima anggota MPR RI, yaitu Prof. Dr. Hendrawan Supratikno (PDIP), Jazilul Fawaid, SQ, MA (PKB), Khatibul Umam Wiranu (Partai Demokrat), Drs. Fathan Subchi (PKB), dan Faisol Riza (PKB), bertemu Wakil Ketua Senat Italia, Senator Ignazio La Russa, di Roma, tanggal 22 November 2018. Pada kesempatan tersebut, Delegasi MPR RI didampingi Dubes RI untuk Italia, Esti Andayani.

Muhaimin Iskandar menegaskan bidang ekonomi merupakan salah satu pilar penting dan strategis dalam kerja sama bilateral RI-Italia, khususnya untuk sektor industri manufaktur dan fashion. Dalam kaitan ini, La Russa memberikan apresiasi terhadap hubungan ekonomi kedua negara yang terus menguat.

Keduanya juga mengapresiasi upaya kerja sama antarparlemen kedua negara yang selama ini berjalan baik seraya menyampaikan komitmen untuk terus meningkatkannya.

Selain bertemu Parlemen Italia, pada hari yang sama bertempat di KBRI Roma, Wakil Ketua MPR RI juga mengadakan tatap muka dengan para WNI yang berdomisili di sekitar Roma guna mensosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan Indonesia.

Hadir para mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Roma serta tokoh komunitas masyarakat Indonesia. Berbagai topik mengenai demokrasi serta upaya penguatan rasa persatuan dan nasionalisme dibahas dalam diskusi yang berlangsung santai dan hangat tersebut.   

Duta Besar Esti Andayani menyatakan bahwa kegiatan tatap muka tersebut memberikan pemahaman lebih menyeluruh mengenai pentingnya Empat Pilar Kebangsaan bagi masyarakat Indonesia, khususnya mereka yang telah menetap di Italia, sebagai unsur pemersatu bangsa.​