Pengusaha Italia Tanda Tangani Kontrak Dagang Senilai 41,6 Juta Dollar di Trade Expo Indonesia 2018

Sejumlah 25 pengusaha Italia menghadiri Trade Expo Indonesia (TEI) 2018, yang berlangsung di BSD City, Tangerang, 24-28 Oktober 2018. Delegasi bisnis ini dipimpin oleh Wakil Kepala Perwakilan RI untuk Italia, J.S. George Lantu, yang mewakili Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani.

Rombongan pengusaha Italia ini merupakan para mitra Atase Perdagangan KBRI Roma dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Milan. Mereka umumnya bergerak di bidang usaha kertas, furnitur, kerajinan tangan, tekstil, makanan dan minuman olahan, pelumas dan solar,  hingga penyelenggara balap mobil F2 serta investor sumber energi tenaga angin.

Menurut J.S. George Lantu, jumlah delegasi bisnis Italia pada TEI 2018 meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat sebelas pengusaha. Peningkatan minat tersebut dinilainya merupakan hasil upaya penggalangan buyer TEI 2018 yang dilakukan KBRI Roma melalui berbagai kegiatan sosialisasi peluang usaha dan investasi Indonesia di Italia.

Atase Perdagangan KBRI Roma, Sumber Sinabutar, menyampaikan bahwa Delegasi Italia membukukan transaksi bisnis sebesar USD 41,6 juta. Transaksi ini diperoleh dari tiga perusahaan Italia yang bergerak di bidang usaha kertas dan furnitur, yaitu Nadina Srl dengan mitranya PT. Kunindo Pratama Jaya, Asia Palmi Snc dengan Sentana Art Wood, dan APP Italia Srl dengan Indah Kiat Pulp and Paper. Kegiatan penandatanganan dilaksanakan di lokasi pameran dengan disaksikan langsung oleh Menteri Perdagangan RI, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Wakil Kepala Perwakilan RI untuk Italia serta Atase Perdagangan KBRI Roma.

Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani, mengharapkan besarnya minat pengusaha Italia mengembangkan bisnis ke Indonesia dapat dimanfaatkan pengusaha nasional untuk meningkatkan ekspornya melalui peningkatan produksi yang berkualitas, penciptaan desain yang kreatif serta kemasan yang menarik dan ramah lingkungan.