Italia

​A.  UMUM

Nama negara
Republik Italia
 
Ibu kota
Roma  (2,8 juta jiwa penduduk)
 
Penduduk Negara
59,68 juta jiwa, dengan pertumbuhan 0,38% dan kepadatan 196,1 orang per km2.
 
Luas wilayah
301.338 km2 (termasuk Pulau Sisilia 25.707 km2 dan Pulau Sardinia 24.089 km2, tetapi tidak termasuk negara kecil San Marino dan Vatikan)
 
Pulau
Sisilia 25.707 km2, Pulau Sardinia  24.089 km2. Terdapat pula pulau-pulau kecil lainnya disepanjang garis pantai semenanjung Italia.
 
Batas Negara
Sebelah utara dengan Swiss, Austria, dan Slovenia; sebelah barat dengan Perancis dan Laut Tyrhenia; sebelah selatan dengan Laut Mediterania; dan sebelah timur dengan Laut Adriatik.
 
Kota-kota  penting
Milan, Napoli, Torino
 
Bahasa resmi
Italia
 
Suku bangsa
Italia (sekelompok kecil Jerman, Perancis dan Slovenia-Italia di wilayah utara, dan Albania-Italia serta Yunani-Italia di wilayah selatan).
 
Agama
Katolik Roma 90% (10% penganut Protestan, Yahudi dan Islam). Penganut Islam sekitar 1 juta (3% penduduk asli)
 
Hari Nasional
2 Juni 1946
 
Angkatan Bersenjata
183.000 jiwa (jumlah personel aktif)
 
Lagu Kebangsaan
Fratelli D'Italia (Saudara Italia)
 
Bendera
Hijau, Putih, dan Merah (vertikal)
 
Keanggotaan pada Organisasi Internasional Utama
PBB, NATO, Uni Eropa, dan G8 (Italia sebagai Presiden thn 2009)
 
Mata uang
Euro (€)
 
Jumlah Imigran yang masuk ke wilayah Italia dari laut Mediterania:
26.260 orang (Jan-April 2014)
35.085 orang (2013)
 
 
B.  SEJARAH SINGKAT
 
Italia menjadi negara bangsa pada tahun 1861 ketika negara-negara bagian (regional states) di wilayah Italia sekarang, bersama dengan Sardinia dan Sisilia, dipersatukan di bawah Raja Victor Emmanuel II. Era Pemerintahan Parlemen berakhir awal tahun 1920-an ketika Benito Mussolini membangun pemerintahan diktator fasis. Persekutuannya dengan Nazi Jerman telah membawa kekalahan Italia pada Perang Dunia II. Republik Demokrasi menggantikan sistem kerajaan pada tahun 1946 dan sejak itu ekonomi Italia mulai bangkit.
 
Italia merupakan anggota pendiri NATO dan Masyarakat Ekonomi Eropa. Italia juga berperan aktif dalam proses penyatuan politik dan ekonomi Eropa. Masalah utama yang dihadapi Italia saat ini antara lain adalah imigran gelap, kejahatan terorganisir, tingginya angka pengangguran, upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
 
Sebagai bekas wilayah kekuasaan Romawi, kota-kota di Italia, terutama Roma memiliki banyak bangunan sejarah dan situs arkeologi yang menarik bagi wisatawan asing. Menurut UNESCO, sekitar 60% peninggalan zaman dahulu terdapat di Italia.
 
Kota Roma dikenal sebagai kota tempat peninggalan Kekaisaran Romawi (27 SM-393 M). Roma didirikan pada tahun 753 SM.  Menurut legenda, Romulus dan Remus, dua putera kembar dari Dewa Perang “Mars” diapungkan di sungai Tevere tetapi selamat. Kedua saudara kemudian dibesarkan oleh seekor serigala. Dalam suatu pertikaian, Romulus membunuh saudara kembarnya Remus, dan kemudian mendirikan Roma Quadrata di atas sungai Tevere. Kota Roma saat ini diambil dari nama pendirinya, yaitu Romulus yang merupakan raja pertama di Roma.
 
Pada masa awal sejarahnya, Roma atau Romawi terlibat dalam berbagai peperangan, yang akhirnya dapat berkembang menjadi suatu kekaisaran besar yang meliputi hampir seluruh daratan Eropa, Afrika Utara dan Timur Tengah.  Kekaisaran yang luas ini dibagi dalam propinsi-propinsi  yang dikepalai oleh gubernur.
 
Pusat pemerintahan berada di tangan Kaisar yang berkedudukan di Roma.  Kaisar Romawi yang terkenal antara lain adalah Julius Caesar, Augusto, Trajanus dan Hadrian.  Pada tahun 395 AD Kekaisaran Romawi terbagi dua, yaitu Romawi Barat dengan pusat pemerintahan di Roma dan Romawi Timur di Konstantinopel, yang kemudian dikenal dengan Istambul. Saat ini Roma dikenal bukan saja sebagai kota tua tetapi juga kota antik dan bahkan disebut sebagai museum hidup Kekaisaran Romawi.
 
 
C. PEMERINTAHAN DAN POLITIK

Bentuk  negara  :  Republik
Konstitusi          :  Konstitusi tahun 1948
 
1.     Parlemen
Terdiri atas dua kamar (bicameral) yaitu:
  • Senat (Senato della Repubblica) beranggotakan 315 senator dan 3 senator seumur hidup. Ketua Senat sekarang adalah Pietro Grasso (Partito Democratico) yang terpilih 16 Maret 2013.
  • Majelis Rendah (Camera dei Deputati) beranggotakan 630 orang. Ketua Majelis Rendah sekarang adalah: Laura Boldrini (Sinistra Ecologia Libertà - SEL) yang terpilih pada 16 Maret 2013.
Keduanya memiliki masa bakti selama 5 tahun.
 
2.     Kepala Negara
Presiden Republik (Presidente della Repubblica) dengan masa jabatan 7 tahun dipilih melalui pemungutan suara oleh anggota-anggota Senat, Majelis Rendah dan wakil-wakil Dewan Wilayah. Presiden memilih Perdana Menteri, namun Presiden tidak memiliki kekuasaan eksekutif. Presiden Italia saat ini adalah Sergio Mattarella yang dilantik sejak tanggal 3 Februari 2015 menggantikan presiden sebelumnya yaitu Giorgio Napolitano yang terpilih selama dua kali masa jabatan (pertama kali seorang Presiden Italia dipilih dua kali dalam sejarah Italia).
 
3.     Kepala Pemerintahan 
Perdana Menteri (Presidente del Consiglio dei Ministri - Ketua Dewan Menteri)  diminta membentuk Kabinet (formatur) oleh Presiden setelah berkonsultasi dengan Ketua Partai Politik, mantan Presiden, dan Ketua Parlemen. Dalam waktu kurang dari 10 hari, susunan pemerintahan baru harus diajukan ke Parlemen untuk mendapat dukungan suara dalam pemilihan terbuka. Perdana Menteri saat ini adalah Paolo Gentiloni (62 tahun) dilantik pada tanggal 12 Desember 2016. Paolo Gentiloni dipilih untuk menggantikan Perdana Menteri Matteo Renzi yang mundur akibat kemenangan "NO" pada Referendum Konstitusi yang dilaksanakan pada tanggal 4 Desember 2016. Paolo Gentiloni sebelumnya menjabat sebagai Menteri Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional pada kabinet Perdana Menteri Matteo Renzi.
 
4.     Pemilihan Umum
Pemilihan umum (pemilu) berazas proporsional untuk memilih anggota Majelis Rendah dan Senat dilaksanakan setiap 5 tahun sekali. Pemilu terakhir dilaksanakan 24 – 25 Februari 2013, pemilu selanjutnya akan dilaksanakan pada tanggal 4 Maret 2018.
 
5.     Koalisi Politik dan Partai
Menteri di dalam Kabinet PM Paolo Gentiloni masih banyak yang dipertahankan dari Kabinet sebelumnya, yang berasal dari partai politik dan kalangan profesional (non-partai). Sedangkan partai-partai utama yang terwakili di Parlemen adalah:   
  • Center-right : Partai-partai Tengah Kanan -- koalisi dari Forza Italia (FI), Nuovo Centro Destra (NCD), Lega Nord (LN), Fratelli d’Italia (FdI)
  • Center-left :  Partai-partai Tengah Kiri, koalisi dari Partito Democratico (PD) dan  Sinistra, Ecologia Libertà (SEL)
  • Center : Scelta Civica Monti
  • Di luar koalisi di atas yaitu Movimento 5 Stelle (M5S)

6.     Pemerintahan Daerah
Italia mendesentralisasikan sebagian wewenang pemerintahan pusat kepada 3 tingkatan daerah administratif yaitu: wilayah (regione), propinsi (provincia) dan kotamadya (comune). Italia terdiri dari 20 wilayah, termasuk 5 wilayah otonomi*; yaitu Abruzzo, Basilicata, Calabria, Campania, Emilia Romagna, Friuli-Venezia Giulia*, Lazio, Liguria, Lombardia,  Marche, Molise, Piemonte, Puglia, Sardinia*, Sisilia*, Toscana, Trentino-Alto Adige*, Umbria, Valle d’Aosta* dan Veneto.
 
7.      Politik Dalam Negeri
Italia menganut sistem pemerintahan Republik Parlementer dimana Perdana Menteri merupakan kepala pemerintahan yang didukung oleh mayoritas dalam Parlemen. Pembagian kekuasaan di sistem pemerintah Italia adalah sebagai berikut : kekuasaan legislatif dipegang oleh Parlemen, pemerintah berperan sebagai badan eksekutif dan magistrat secara indipenden, tanpa pengaruh badan legislatif dan badan eksekutif.
 
Parlemen di Italia terdiri dari Camera dei Deputati (Majelis Rendah) yang beranggotakan 630 parlementer dan Senato (Majelis Tinggi) yang beranggotakan 315 senator, mantan presiden dan senator seumur hidup (Mario Monti, Elena Cattaneo, Renzo Piano dan Carlo Rubbio), kedua anggota Majelis tersebut dipilih oleh rakyat melalui pemilu.
 
Presiden Republik Italia mempunyai masa jabatan 7 tahun dan dipilih oleh Parlemen, kemudian Presiden memilih Perdana Menteri sesuai hasil konsultasi dengan para partai politik pasca pemilu. Perdana Menteri terpilih kemudian akan menyusun kabinet menteri dan meminta persetujuan melalui mosi percaya di Senato dan Camera dei Deputati.
 
Presiden Republik Italia juga merupakan Ketua the Supreme Court of Magistracy (Consiglio Superiore della Magistratura – CSM) yang merupakan organ politik dalam tatanan konstitusional Italia yang bersifat otonom dan menjamin indipendensi para hakim dan pengadilan.
 
Dalam setiap pemilu, Italia menggunakan sistem yang berbeda-beda. Sistem pemilu yang akan digunakan pada pemilihan umum mendatang, 4 Maret 2018, ialah Rosatellumbis.
 
8.    Politik Luar Negeri
Secara umum, kebijakan luar negeri Italia akan berfokus pada kawasan Mediterania. Hal ini tampak dari kunjungan kerja PM Renzi yang pertama adalah Tunisia, 4 Maret 2014 dan bukan ibukota EU - Brussel. Hal ini terkait dengan rencana PM Renzi untuk mengembalikan Italia sebagai pusat dari mare nostrum (pusat kekuatan di perairan Mediterania).
   
Selama semester kedua 2014, Italia fokus pada Presidensi Italia di Uni Eropa yang mengusung 3 prioritas kerja utama, yaitu: pertumbuhan ekonomi di kawasan Eropa, peran Eropa yang lebih luas dalam politik internasional dan masalah imigran.
 
 ​
KONSUL KEHORMATAN

Guiseppe Testa   Konsul Kehormatan RI di Napoli, Regione: Campania, Calabria, Sicilia, Sardegna.
Ivo Guidi    Konsul Kehormatan RI di Genoa, Regione: Liguria dan Piemonte.

 


KBRI Roma - Februari 2018