KBRI Selenggarakan Pelatihan Kewirausahaan Ekspatriat

Sebagai salah satu bagian program pemberdayaan Ekspatriat Indonesia, KBRI Riyadh bekerja sama dengan PT. Bank Negara Indonesia dan Sasa telah menyelenggarakan progam pelatihan kewirausahaan Ekspatriat Indonesia di Riyadh pada Jumat pagi (11/5). Topik pelatihan yang dipilih adalah “Memulai Usaha Pertanian Hidroponik Komersial Bagi Pemula (Skala Kecil dan Industri)".

Tampil sebagai pembicara, Heri Kuswanto, motivator yang juga seorang konsultan pengembang sumber daya manusia dari Maestro Indonesia dan Egi Sugiyarto, pengusaha hidroponik serta konsultan hidroponik komersial Timur Tengah dan Indonesia.

Kegiatan dihadiri tidak kurang dari 300 peserta, khususnya dari Ekspatriat Indonesia yang kurang beruntung yang tinggal di Rumah Harapan Mandiri (Ruhama) KBRI Riyadh. 

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari perwakilan PT. Bank Negara Indonesia, Baharrizki Aji Wibowo yang menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada KBRI atas kerja sama yang telah diberikan serta komitmen BNI sebagai BUMN untuk selalu siap dan hadir bersama Pemerintah untuk rakyat Indonesia.

Pada pembukaan singkatnya, Duta Besar RI/Watap OKI Agus Maftuh Abegebriel menyampaikan bahwa kegiatan pemberdayaan ini adalah salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Indonesia kepada warganya yang tinggal dan bekerja di luar negeri.

“Harapan yang dituju adalah agar para Ekspatriat Indonesia, khususnya Ekspatriat Indonesia yang kurang beruntung, dapat terinspirasi untuk menjadi pengusaha hidroponik sekembalinya ke Indonesia," kata Dubes RI.

Dubes RI juga menambahkan bahwa dengan modal ilmu awal dan jaringan yang baik, para mantan Ekspatriat Indonesia dapat mempunyai kesempatan untuk menjadi pengusaha hidroponik di Indonesia yang pada akhirnya ikut menciptakan kemandirian usaha dan lapangan pekerjaan. 

Selain pemaparan teori dan praktek motivator dan pelatihan hidroponik, kegiatan juga menyelenggarakan kegiatan team building dengan permainan-permainan yang merefleksikan nilai-nilai kebersamaan, kemandirian, kerja sama dan kerja keras serta pantang meny​erah.