MIKTA Maroko gelar pertemuan informal dengan Kementerian Luar Negeri Maroko

  • MIKTA merupakan kemitraan inovatif yang menyatukan Mexico, Indonesia, Korea Selatan, Turki, dan Australia.

 

  • MIKTA Maroko bertujuan untuk memajukan tujuan dan nilai MIKTA serta menjajaki peluang kerja sama dengan Maroko.

 

MIKTA merupakan kemitraan inovatif yang menyatukan Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, dan Australia, yang diluncurkan oleh kelima Menlu pada Februari 2012 di sela-sela Pertemuan Informal Tingkat Menteri G20 di Los Cabos, Mexico. MIKTA bertujuan untuk memperkuat tata kelola global dan perlindungan terhadap global public goods melalui kemitraan lintas-kawasan yang segar dan inovatif.

 

Pada Selasa, 22 maret 2018, bertempat di Wisma Duta RI, Kedutaan Besar negara-negara MIKTA di Rabat menyelenggarakan jamuan makan siang informal dengan Duta Besar Abdelkader El Ansari, Direktur Urusan Asia dan Oseania, Mr. Rachid Jaa, Direktorat Urusan Amerika, Mr. Hassan Benallal, Direktorat Urusan Eropa, dan Mr. Youssef Bourita, Direktorat Urusan Asia dan Oseania Kementerian Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Kerajaan Maroko.

 

Tujuan pertemuan tersebut adalah untuk meluncurkan MIKTA Maroko dalam upaya untuk memajukan status, tujuan dan nilai-nilai MIKTA, sekaligus menjajaki peluang kerja sama dengan Maroko.

 

Kelima negara MIKTA memiliki latar belakang budaya dan kawasan yang berbeda, namun menjunjung nilai yang sama. Kelima negara MIKTA merupakan negara demokratis dengan sistem ekonomi terbuka dan angka pertumbuhan yang kuat serta memiliki kekuatan ekonomi yang signifikan. Secara bersama MIKTA memiliki GDP sebesar USD 5,8 triliun dan 500 juta penduduk.

 

Kerja sama MIKTA meliputi kolaborasi antar akademisi, diplomat, jurnalis, anggota parlemen, dan pakar dalam berbagai tema yang termasuk ke dalam tujuh prioritas kunci yakni, counterterrorism, kemanan global, pembangunan berkelanjutan, kesetaraan gender, demokrasi dan tata kelola yang baik, energi, serta perdagangan dan ekonomi, yang kesemuanya sejalan dengan tujuan dan prioritas Maroko. Sehubungan dengan itu, MIKTA Maroko berharap dapat bekerja sama dan saling melengkapi dengan Maroko melalui inisiatf baru MIKTA