Indonesia-Morocco Iftar Sajikan Menu Buka Puasa Khas Nusantara

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Rabat bekerja sama dengan Asosiasi Ribat Al Fath menyelenggarakan kegiatan buka bersama, Selasa, 5 Juni 2018 di Wisma Duta Duta Besar RI, Rabat yang mengolaborasikan menu khas nusantara dengan masakan ala Maroko dalam bingkai acara Indonesia-Morocco Iftar. Kegiatan tersebut dihadiri oleh sekitar 70 undangan terdiri dari pejabat Kemlu Maroko, anggota Asosiasi Ribat Al Fath dan masyarakat Indonesia di Maroko.

Tujuan diadakannya acara Indonesia-Morocco Iftar adalah untuk memperkenalkan lebih luas kepada masyarakat Maroko tentang tradisi Ramadhan di Indonesia, melalui cara dan menu berbuka puasa seperti yang dilakukan masyarakat Indonesia secara umum. Sebaliknya, masyarakat Indonesia yang hadir juga dapat mengetahui lebih dalam jenis-jenis menu yang menjadi hidangan masyarakat Maroko saat mereka berbuka puasa. Selain tentunya, kegiatan juga dimaksudkan untuk mempererat people to people contact antar masyarakat kedua negara Indonesia-Maroko.

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari Duta Besar RI Rabat, E.D Syarief Syamsuri yang menyampaikan bahwa inisiatif ini dapat menjadi awal yang baik bagi kerja sama antara KBRI Rabat dengan Asosiasi Ribat Al Fath dengan harapan ke depan dapat dilakukan sejumlah kerja sama lain yang lebih besar. Adapun Ketua Asosiasi Ribat Al Fath, Abdelkarim Bennani dalam sambutannya menggarisbawahi bahwa Asosiasi yang dipimpinnya dengan tangan terbuka akan menyambut setiap inisiatif positif untuk yang dapat dilakukan kedua belah pihak guna hubungan RI-Maroko yang lebih baik.

Menu nusantara yang disajikan pada makan malam kegiatan dimaksud antara lain, rendang daging, lontong opor, sambel goreng ati ampela, telor pindang, kring kentang, acar, sambel dan krupuk serta dilengkapi dengan makanan penutup pudding, alpucat jeli, lapis legit, pisang keju dan minuman hangat skuteng. Sedangkan dari pihak Asosiasi Ribat Al Fath menyediakan aneka kue khas Maroko seperti cyubakia, harcha, pastilla dan sop harira sebagai menu pembuka acara kegiatan Indonesia-Morocco Iftar.

Melengkapi rangkaian acara buka bersama Indonesia-Morocco Iftar, diselenggarakan demo sederhana membuat skuteng oleh Ibu-ibu DWP KBRI Rabat dan demo menyajikan teh khas Maroko yang juga dilakukan oleh salah satu anggota Asosiasi Ribat Al Fath yang menambah suasana kekeluargaan antar tamu undangan yang hadir pada acara tersebut.

Sebagai informasi, Asosiasi Ribat Al Fath berdiri sejak tahun 1986 dengan memusatkan kegiatannya untuk kemajuan kota Rabat sebagai ibu kota Maroko. Di antara kegiatan Asosiasi antara lain adalah mempromosikan kegiatan budaya dan intelektual serta menjaga warisan dan identitas kota Rabat, selain itu mengambil peran signifikan dalam proses pembangunan berkelanjutan Rabat sebagai ibu kota Maroko.



P.F. Pensosbud KBRI Rabat