Gamelan dan Tari Sekar Rinonce Memukau Penonton Festival Anak Internasional di Rabat, Maroko

Pada tanggal 5 April 2018, Sanggar Seni Budaya Indonesia (SSBI) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Rabat tampil di Festival Musik dan Lagu Pendidikan Anak Internasional ke-25 di Salle Bahnini, Rabat yang diselenggarakan oleh Yayasan El-Adwatain.

Festival Internasional Musik dan Lagu Pendidikan Anak ini diselenggarakan secara rutin setiap tahun oleh Asosiasi El-Adwatin menjelang liburan musim semi dan didukung oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga Maroko, Kementerian Budaya Maroko dan beberapa perusahaan besar swasta di Maroko antara lain Office Chérifien des Phosphates (OCP) yang bergerak di bidang bahan pupuk dan Bank BMCE.

Penampilan SSBI KBRI Rabat kali ini sangat spesial karena untuk pertama kalinya, lagu Garuda Pancasila dilantunkan di Maroko dengan iringan gamelan. Daya magis suara gamelan dengan lirik lagu berbahasa Indonesia berhasil menarik perhatian penonton yang hadir.

Belum habis rasa penasaran penonton, Tari Sekar Rinonce yang diiringi gamelan secara live kian memukau publik Maroko. Warga Maroko yang memenuhi Salle Bahnini memberikan sambutan dengan tepuk tangan yang meriah. Teriakan "Bravo...Bravo..." menggema di ruangan teater Salle Bahnini setelah tarian selesai.

Penampilan SSBI KBRI Rabat kali ini juga spesial karena para penari yang membawakan Tari Sekar Rinonce adalah warga negara Maroko selain anak-anak Indonesia yang berlatih di SSBI KBRI Rabat.  Semangat para warga negara Maroko untuk mempelajari seni budaya Indonesia terefleksikan dari keceriaan dan keluwesan mereka menari Tari Sekar Rinonce hasil didikan Pelatih SSBI, Bambang Priambodo yang juga merupakan pimpinan Sanggar Greget Semarang.

Pada saat menerima penghargaan dari penyelenggara, Sekretaris Pertama KBRI Rabat, Hanung Nugraha menyampaikan apresiasi kepada pihak penyelenggara sekaligus mengundang publik yang tertarik dengan seni budaya Indonesia untuk berlatih di SSBI KBRI Rabat.

Penampilan seni budaya Indonesia pada Festival Musik dan Tari Anak Internasional tahun 2018 merupakan upaya KBRI Rabat untuk mempromosikan seni budaya Indonesia sekaligus untuk mempererat kerja sama sosial budaya Indonesia-Maroko. Keberadaan SSBI KBRI Rabat juga merupakan strategi untuk menjaga kesinambungan promosi seni budaya Indonesia melalui institusi yang dapat memberikan kursus secara berkala kepada masyarakat Maroko.