USAID ASEAN Affairs Programme Manager di Jakarta

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebagai komitmennya untuk mendukung proses integrasi ASEAN serta meningkatkan kerjasama dibawah kerangka ASEAN-US Dialogue Relations, Amerika Serikat akan segera menugaskan pejabat USAID dengan posisi sebagai USAID ASEAN Affairs Programme Manager pada kantor Perutap AS untuk ASEAN untuk dapat lebih memahami keberagaman serta perkembangan ASEAN yang semakin dinamis serta memudahkan koordinasi dengan ASEC dalam mengimplemntasi berbagai proyek ASEAN-US.

Hal tersebut dikemukakan Duta Besar Amerika Serikat untuk ASEAN, Duta Besar David Carden pada pertemuan ke-4 ASEAN-US Joint Cooperation Committee (JCC) yang telah diselenggarakan pada tanggal 20 Juni 2012. Pertemuan yang dihadiri oleh para Wakil Tetap negara-negara anggota ASEAN serta Duta Besar Amerika Serikat untuk ASEAN tersebut telah membahas beberapa hal utama yakni upaya-upaya untuk mendukung pembentukan Komunitas ASEAN melalui berbagai kerjasama di bawah kerangka kerjasama ASEAN-US.

Dukungan Amerika Serikat dalam pembentukan Komunitas ASEAN telah diperkuat melalui progres implementasi Plan of Action to Implement the ASEAN-US Enhanced Partnership 2006 -2011 serta tindaklanjut Joint Statement 3rd ASEAN-US Leaders’ Meeting yang telah disepakati pada pertemuan tingkat tinggi ASEAN-US di Bali, November 2011.

Dalam pertemuan ASEAN-US JCC tersebut, Duta Besar David Carden juga menyampaikan bahwa Amerika Serikat akan terus memberikan dukungan untuk terwujudnya ASEAN Connectivity melalui inisiatif ASEAN-US Connectivity Cooperation. Dirinya kini kerap bertemu dengan berbagai pihak sektoral dan pelaku bisnis di Amerika Serikat untuk mempromosikan keterlibatan mereka dalam ASEAN-US Connectivity Cooperation. Selain itu, Amerika Serikat bekerjasama dengan Ketua ASEAN 2012, Kamboja, akan menyelenggarakan ASEAN-US Business Summit di Siem Reap pada bulan Juli 2012.

Dalam rangka mewujudkan Komunitas ASEAN 2015, para Pemimpin ASEAN menyerukan pentingnya konektivitas ASEAN (ASEAN Connectivity) untuk menciptakan kawasan ASEAN yang lebih kompetitif dengan peningkatkan aliran barang, jasa, modal, informasi dan orang sehingga mampu mewujudkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, menurunkan kesenjangan pembangunan dan meningkatkan konektivitas antar negara-negara anggota ASEAN maupun negara anggota ASEAN dengan komunitas global.