Komite Wakil Tetap ASEAN Mendorong Peningkatan Kerjasama dengan Mitra Wicara ASEAN

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebagai bagian kegiatan rutin di Jakarta, Komite Wakil Tetap ASEAN (Committee of Permanent Representatives to ASEAN/CPR) menyelenggarakan pertemuan tanggal 13 Maret 2013 di Sekretariat ASEAN, Jakarta. Pertemuan dipimpin yang Wakil Tetap/Duta Besar Brunei Darussalam membahas berbagai agenda utama, antara lain, tindak lanjut hasil-hasil KTT ke-21 ASEAN yang berada di bawah kewenangan CPR, upaya meningkatkan kerjasama dengan Mitra Wicara ASEAN, seperti Russia, China, India, Australia, India dan Uni Eropa.
 
Pertemuan juga membahas kerangka Perjanjian Kerjasama ASEAN dengan UNESCO, kerjasama ASEAN dengan organisasi regional lainnya seperti Economic Cooperation Organization (ECO) yang beranggotakan negara-negara Asia Tengah serta usulan peningkatan interaksi antara pengusaha ASEAN dengan mitranya dari negara-negara Arab. Persiapan rangkaian pertemuan ASEAN, khususnya pada tingkat Menteri ASEAN yang akan diselenggarakan di Brunei Darussalam bulan April 2013 juga bagian pembahasan pertemuan CPR yang berlangsung sehari.
 
Komite Wakil Tetap ASEAN (CPR) merupakan mekanisme ASEAN yang berkedudukan di Jakarta dan beranggotakan Duta Besar/Wakil Tetap negara anggota ASEAN. CPR merupakan mekanisme yang dibentuk oleh Piagam ASEAN pada tahun 2009 dengan mandat utama, antara lain, membantu koordinasi, memfasilitasi kerjasama dengan mitra eksternal ASEAN dan memperkuat Sekretariat ASEAN. PTRI ASEAN yang dipimpin oleh Wakil Tetap/Duta Besar Ngurah Swajaya merupakan wakil Indonesia pada CPR. (NS/RA)