Kata Sambutan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 



H.E. Amb. Rahmat Pramono
 
Selamat datang di laman Perutusan Tetap Republik Indonesia (PTRI) untuk ASEAN.

Piagam ASEAN yang telah disahkan pada tahun 2008 memberikan amanat pembentukan mekanisme Komite Wakil Tetap untuk ASEAN yang berkedudukan di Jakarta. Komite ini dibentuk untuk memperkuat kerjasama ASEAN dalam menghadapi berbagai tantangan dan memanfaatkan peluang, termasuk untuk mempersiapkan pembentukan Komunitas ASEAN pada tanggal 31 Desember 2015. Sebagai wakil Indonesia dalam mekanisme baru tersebut, Perutusan Tetap Perwakilan Republik Indonesia untuk ASEAN (PTRI ASEAN) telah dibentuk secara resmi pada tahun 2010. PTRI ASEAN merupakan Perwakilan Diplomatik RI yang menjalankan diplomasi dan meningkatkan kerjasama internasional dalam kerangka ASEAN sesuai mandatnya yang dituangkan dalam Piagam ASEAN yang diratifikasi melalui Undang-Undang No. 38 tanggal 6 Nopember 2008.

 

Sebagai mekanisme diplomasi dan kerjasama internasional, PTRI ASEAN memiliki tugas utama membantu koordinasi regional kerjasama ASEAN, termasuk dalam meningkatkan kerjasama ASEAN dengan negara dan organisasi internasional sebagai mitra eksternal ASEAN. PTRI ASEAN bersama-sama dengan Perutusan Tetap negara anggota ASEAN lainnya juga memiliki tugas untuk meningkatkan pemahaman serta mendorong partisipasi aktif masyarakat untuk menjadikan ASEAN sebagai organisasi yang berorientasikan kepada kepentingan masyarakat.

 

Laman PTRI ASEAN dibangun sebagai sarana untuk menyampaikan informasi mengenai kerjasama ASEAN kepada masyarakat luas dalam rangka meningkatkan ASEAN Awareness, termasuk mendorong interaksi aktif masyarakat dalam perjalanan menuju pembentukan Komunitas ASEAN. Laman ini diharapkan dapat menjadi sarana penyebar-luasan informasi mengenai berbagai kegiatan PTRI ASEAN, Komite Perutusan Tetap ASEAN dan kerjasama antara ASEAN.

 

Dalam laman ini kami juga menyediakan akses kepada berbagai institusi-institusi yang berhubungan dengan ASEAN, seperti ASEAN Secretariat, ASEAN Foundation, ASEAN Humanitarian Assistance (AHA) Centre, dan ASEAN Centre di luar negara ASEAN. Dengan menyediakan akses link secara langsung, kami mengharapkan agar masyarakat dapat dengan melihat secara langsung upaya-upaya mewujudkan Komunitas ASEAN tahun 2015 dan memberikan informasi yang memungkinkan interaksi langsung masyarakat dalam memanfaatkan kerjasama ASEAN untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

 

Semoga informasi yang dimuat dalam laman ini berguna bagi semua pihak, baik media, akademisi, pemangku kepentingan terkait dan masyarakat luas.

 

 

 

Salam Sejahtera,

 

 

Rahmat Pramono