Flag-off ASEAN-India Car Rally 2012 di Indonesia

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebagai rangkaian perayaan 20 tahun hubungan Kemitraan ASEAN-India, pada tanggal 24 November 2012 hingga 21 Desember 2012 akan diselenggarakan ASEAN-India Car Rally (AICR) 2012. Persiapan untuk kegiatan tersebut tengah dilakukan dengan kehadiran tim advance dari India ke negara-negara ASEAN.

Tim Advance yang terdiri dari Duta Besar India untuk Indonesia beserta representatif dari Confideration of Indian Industry (CII) telah bertemu dengan
Committee of Permanent Representatives to ASEAN (CPR) di Sekretariat ASEAN, 20 Juni 2012. Pertemuan telah membahas beberapa hal utama yakni persiapan penyelenggaraan AICR 2012.

Flag-off rally akan dimulai di Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia dan dilanjutkan ke Singapura, Malaysia, Thailand, Kamboja, Vietnam, Laos, Myanmar kemudian berakhir di India.

Dengan menempuh rute sepanjang 8000 KM selama 20 hari serta melibatkan 240 peserta dari berbagai sektor dan 60 kendaraan, AICR 2012 diharapkan dapat meningkatkan promosi ASEAN Connectivitiy, tidak hanya pada transportasi darat, tetapi juga  ­People-to-People Connectivity sehingga dapat memperkuat kerjasama ASEAN-India di bidang perdagangan, investasi dan pariwisata.

Untuk memeriahkan AICR 2012, berebagai kegiatan akan diselenggarakan di masing-masing negara anggota ASEAN. India juga akan membawa tim budaya India untuk memeriahkan kegiatan AICR 2012.

Dengan mengusung tema ”Trail of Civilization,” Indonesia akan menggunakan momentum ini untuk memperkenalkan kekayaan alam, budaya dan potensi pariwisata yang dimiliki oleh Indonesia. Rute AICR 2012 etape Indonesia akan menempuh jarak sepanjang 153 KM dengan rute DIY-Surakarta melewati Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

India menjadi Mitra Sektoral ASEAN pada tahun 1992 dan kemudian meningkatkan statusnya menjadi Mitra Wicara penuh pada tahun 1996.

Kerjasama ASEAN dengan India terus meningkat dengan fokus pada bidang-bidang seperti perdagangan barang dan jasa, investasi lintas batas, pertukaran teknologi serta sinergi sumber daya manusia.