Amerika Serikat Berkomitmen Meningkatkan Kerjasama Ekonomi dengan ASEAN

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Amerika Serikat tegaskan komitmen untuk meningkatkan Kerjasama Ekonomi dengan ASEAN. Hal ini disampaikan oleh wakil Menlu Amerika Serikat (AS) Bidang Kerjasama Ekonomi dan Bisnis, Jose Fernandez. Dalam pertemuan informalnya dengan Para Wakil Tetap ASEAN (the Committee of Permanent Representative to ASEAN) yang juga dihadiri oleh Duta Besar ASEAN dan Wakil Sekretaris Jenderal ASEAN bidang Ekonomi.

Bidang-bidang yang menjadi prioritas yang ingin dikembangkan dengan ASEAN mencakup pengembangan pembangnuan infrastruktur dalam kerangka konektifiats ASEAN (ASEAN Connectivity), pengembangan teknologi pertanian dan teknologi untuk meningkatkan pertahanan pangan (food security) serta meningkatkan perdagangan dan investasi AS dengan ASEAN.

Bidang lain yang diminati AS adalah bidang pengembangan energy, termasuk pengembangan energi terbarukan dan peningkatan efisiensi energi.

Berdasarkan data statistik perdagangan timbal-balik AS-ASEAN, pada tahun 2011 tercatat sebesar US$198,8 miliyar atau meningkat 6,4 % dari total perdagangan tahun 2010 atau sekitar US$ 186,1 miliyar. Dalam bidang perdagangan, AS merupakan mitra terbesar ke-empat ASEAN.

Sementara itu, penanaman modal AS pada periode tahun 2011 mengalami penurunan yang cukup drastis sebesar 50% dari US$ 12,2 miliyar pada tahun 2010 menjadi US$ 6,2 miliyar pada tahun 2011.

Pada akhir bulan Agustus tahun 2012, para Menteri Perekonomian ASEAN akan melakukan pertemuan konsultasi dengan Trade Representative AS di Siem Reap, Kamboja untuk membahas upaya-upaya peningkatan kerjasama ekonomi ASEAN-AS.