ASEAN Merupakan Mitra Strategis Penting Korea Selatan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Korea Selatan, Kim-Sung Hwan, menegaskan ASEAN merupakan mitra strategis penting Korea Selatan. Hal tersebut dikemukakan oleh Menteri Kim-Sung Hwan dalam pertemuannya dengan Committee of Permanent Representative (CPR) to ASEAN pada tanggal 23 Juli 2012 di Seoul, Korea Selatan.

Dalam rangkaian kunjungannya ke Korea Selatan, CPR yang beranggotakan Duta Besar negara anggota ASEAN yang berkedudukan di Jakarta telah melakukan serangkaian pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Kim-Sung Hwan, Wakil Menteri Luar Negeri dan jajaran Kemlu Korea Selatan yang didampingi oleh Duta Besar Republik Korea untuk ASEAN.

Dalam kunjungan ini, CPR juga melakukan pertemuan dengan Sekretaris Jenderal ASEAN-Korea Centre dan Sekjen Sekretariat Trilateral Summit serta mengunjungi Yeosu International Expo dan melakukan pertemuan informal dengan beberapa wakil perusahaan swasta Korea Selatan.

Dalam berbagai pertemuan tersebut, telah dibahas beberapa potensi kerjasama yang dapat meningkatkan kemitraan strategis ASEAN dan Korea Selatan, termasuk kerjasama untuk implementasikan Master Plan on ASEAN Connectivity.

Untuk itu, Korea Selatan telah menunjuk Duta Besar Korea Selatan untuk ASEAN yang berkedudukan di Jakarta serta membentuk Task Force Korsel untuk berkoordinasi dengan ASEAN Connectivity Coordinating Committee (ACCC).

CPR juga mengunjungi ASEAN-Korea Centre yang dijadikan pusat promosi perdagangan, investasi, pariwisata dan kebudayaan ASEAN di Seoul. Centre yang didirikan tahun 2009 ini telah melaksanakan 20 kegiatan promosi di Seoul dan Kota-kota lainnya di Korea Selatan serta menyediakan ruangan display produk budaya ASEAN.

Perdagangan timbal balik ASEAN-ROK pada tahun 2011 mengalami kenaikan sebesar 26,6% mencapai
USD 124.4 milyar dibandingkan tahun 2010 sebesar USD 98.62 milyar. Korea merupakan mitra dagang terbesar kelima ASEAN, sementara ASEAN merupakan mitra dagang terbesar kedua Korea.

Kunjungan wisatawan secara timbal balik juga meningkat baik dari Korea ke ASEAN dan sebaliknya dengan jumlah turis sebesar 5 juta.

Namun demikian, Investasi asing Korea ke ASEAN mengalami penurunan sebesar 37,78% dari
USD 3.8 milyar tahun 2010  menjadi USD 2.3 milyar tahun 2011. Pangsa Investasi asing Korea ke ASEAN sebesar 2.66% dari total investasi asing ke ASEAN.

Pada pertemuan dengan Sekretaris Jenderal Trilateral Cooperation Secretariat, delegasi CPR memperoleh penjelasan perkembangan kerjasama tiga negara (ROK, China dan Jepang) termasuk rencana perundingan Free Trade Agreement diantara mereka yang akan dimulai akhir tahun 2012.

Pada pertemuan ini disepakati untuk menjajagi kerjasama antara Sekretariat Trilateral Summit dan Sekretariat ASEAN.